5 Langkah Mengatasi Holiday Blues, Perasaan Sedih Sepanjang Musim Liburan

Minggu, 25 Desember 2022 - 22:55 WIB
loading...
A A A
2. Akui Perasaan Kehilangan

Bagi orang-orang yang berduka karena kehilangan orang yang dicintai, tradisi atau kenangan liburan bisa membantu untuk pengingat ketidakhadiran mereka. Alih-alih mencoba menekan perasaan sedih, mengakuinya dan meluangkan waktu untuk mengenang orang yang sudah meninggal mungkin bisa membantu.

"Bagi orang-orang yang berduka atas kematian orang yang dicintai, terutama mereka yang telah meninggal sejak musim liburan yang lalu, akan sangat membantu untuk mengakui kehilangan dan merayakan hidup seperti yang dijalani, kenangan yang tersisa," ucap Shattell.

3. Kelola Ekspektasi

Menetapkan harapan yang realistis sangat penting untuk mengatasi stres. bila kamu merasa kewalahan, tidak masalah untuk mengurangi dekorasi liburan, membuat kue, atau berbagai rencana lainnya. Dibanding kamu melakukan semuanya, American Psychological Association (APA) merekomendasikan untuk memprioritaskan tugas dan aktivitas yang paling penting bagi kamu.

Karena, berpegang teguh pada anggaran liburan bisa membantu membatasi stres dengan mengurangi tekanan finansial. Jadi, jangan menghabiskan lebih banyak uang untuk hadiah atau kegiatan di luar kemampuan kamu.

4. Latih Perawatan Diri

Kendati ini mungkin bukan prioritas utama selama musim liburan, mempraktikan kebiasaan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Karena, hal-hal dasar seperti menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga menciptakan dasar penanganan yang sehat.

Dr. Ken Duckworth , MD, direktur medis dari National Alliance on Mental Illness menyarankan, cobalah untuk tidur yang cukup, berolahraga dan batasi asupan makanan liburan kamu. Sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol saat Anda merasa stres atau sedih

5. Buat Rencana ke Depan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)