5 Manfaat Rutin Konsumsi Oat, Salah Satunya Mengontrol Kadar Gula Darah

Minggu, 01 Januari 2023 - 20:47 WIB
loading...
A A A


3. Oat Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Diabetes tipe 2 adalah kondisi kesehatan yang umum, ditandai dengan peningkatan gula darah secara signifikan. Hal itu merupakan hasil dari penurunan kepekaan terhadap hormon insulin.

Oat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada orang yang kelebihan berat badan atau penderita diabetes tipe 2.

Beta-glukan dalam gandum dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, uji klinis acak pada 2016 tidak melihat peningkatan sensitivitas insulin, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Efek ini terutama disebabkan oleh kemampuan beta-glukan untuk membentuk gel kental yang menunda pengosongan lambung dan penyerapan glukosa ke dalam darah.

4. Oatmeal Sangat Mengenyangkan dan Bantu Turunkan Berat Badan

Oatmeal tidak hanya makanan sarapan yang enak, tapi juga sangat mengenyangkan. Mengonsumsi makanan yang mengenyangkan dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan.

Dengan menunda waktu yang dibutuhkan perut Anda untuk mengosongkan makanan, beta-glukan dalam oatmeal dapat meningkatkan rasa kenyang. Beta-glukan juga dapat mendorong pelepasan peptida, hormon yang diproduksi di usus sebagai respons terhadap makan. Hormon kenyang ini telah terbukti menyebabkan berkurangnya asupan kalori dan dapat menurunkan risiko obesitas.

5. Oat Dapat Turunkan Risiko Asma pada Anak

Asma adalah kondisi kronis yang paling umum pada anak-anak. Kondisi ini adalah gangguan peradangan pada saluran udara atau tabung yang membawa udara ke dan dari paru-paru seseorang. Meski tidak semua anak memiliki gejala yang sama, banyak yang mengalami batuk berulang, mengi, dan sesak napas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)