5 Manfaat Minum Cukup Air Putih bagi Kesehatan menurut Sains

Senin, 02 Januari 2023 - 15:55 WIB
loading...
A A A
Studi menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekali pun, seperti kehilangan 1%–3% berat badan, dapat merusak banyak fungsi otak.

Dalam sebuah penelitian pada wanita dan pria muda, para peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,4% setelah berolahraga dapat mengganggu suasana hati serta konsentrasi. Hal tersebut juga meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Sedangkan kehilangan cairan sebesar 1,6% merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan kelelahan.

Banyak penelitian lain yang melibatkan anak-anak hingga orang dewasa, telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat merusak suasana hati, ingatan, dan kinerja otak.



3. Bantu Meredakan Sembelit

Sembelit merupakan masalah umum yang ditandai dengan jarang buang air besar dan kesulitan buang air besar. Konsumsi air yang rendah menjadi salah satu faktor risiko terjadinya sembelit baik di kalangan usia muda ataupun lebih tua.

Dengan minum cukup air sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu mengurangi sembelit. Terutama air mineral, yaitu minuman yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami sembelit.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air mineral yang kaya akan magnesium dan natrium meningkatkan frekuensi serta konsistensi buang air besar pada penderita sembelit.

4. Bantu Obati Batu Ginjal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2724 seconds (0.1#10.140)