Gejala Diabetes, 6 Bagian Tubuh yang Menandakan Gula Darah Tinggi

Jum'at, 13 Januari 2023 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Ada dua cara diabetes dapat mempengaruhi kaki. Yang pertama adalah melalui kerusakan saraf, yang menghalangi kaki untuk merasakan sensasi apa pun.

Kedua, Anda mengalami sirkulasi darah yang buruk di kaki, yang menyulitkan infeksi untuk sembuh. Seiring waktu, jika luka atau infeksi tidak diobati, bahkan dapat menyebabkan amputasi.

3. Ginjal

Ginjal adalah bagian integral dari tubuh, yang membantu menyaring semua racun dan limbah. Ini terdiri dari pembuluh darah kecil yang membantu fungsi organ secara efisien. Namun, gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan menyebabkan penyakit ginjal diabetik atau nefropati diabetik.

Gejalanya meliputi protein dalam urine, peningkatan kebutuhan untuk buang air kecil, kontrol tekanan darah yang memburuk, pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, tangan dan mata, mual, muntah, kelelahan dan banyak lagi.



4. Saraf

Sama seperti retinopati diabetik dan nefropati, gula darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan saraf yang disebut neuropati diabetik. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala termasuk mati rasa atau berkurangnya kemampuan untuk merasakan sakit atau suhu, kesemutan atau perasaan terbakar, rasa sakit dan kram yang tajam, sensitivitas ekstrim terhadap sentuhan dan borok kaki yang parah, infeksi dan banyak lagi.

5. Jantung dan Pembuluh Darah

Mengingat bahwa gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, penderita diabetes selalu berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi kardiovaskular termasuk stroke dan penyakit jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)