Perusahaan Rekrutmen Jepang Onodera User Run Hadir di Indonesia, Siap Latih Tenaga Kerja Muda secara Gratis

Rabu, 18 Januari 2023 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Kemnaker menyambut baik kehadiran OUR karena dapat memperluas kesempatan untuk calon pekerja yang ingin bekerja di luar negeri namun mengalami keterbatasan biaya. Pihaknya juga terbuka apabila pelatihan semacam ini dapat bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas yang berada di bawah naungan Kemnaker RI.

Sebagai informasi, pada Desember 2018, Parlemen Jepang menyetujui dan memberlakukan status kependudukan baru untuk tujuan bekerja bagi orang asing yang dinamakan Pekerja Berketerampilan Khusus atau Specified Skilled Worker. Sejak April 2019, Jepang pun menerima orang asing yang memiliki tingkat keahlian dan keterampilan tertentu serta siap bekerja di 14 industri antara lain perawatan, layanan makanan, dan konstruksi.

Jepang sendiri tengah menghadapi kekurangan sumber daya manusia yang serius. Pemerintah di sana berencana untuk menerima hingga 340.000 pekerja asing selama lima tahun ke depan, mulai 2019, di 14 bidang yang telah ditetapkan dengan jumlah penerimaan 60.000 orang.

Pada kesempatan tersebut, OUR melakukan pula penandatanganan Kontrak Kerja Sama dengan STIKES Andini Persada Mamuju, Sulawesi Barat, yang telah mengirimkan 40 mahasiswanya guna mendapatkan pelatihan khusus di Onodera dan akan diberangkatkan untuk bekerja di Jepang.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)