Ibu Hamil Hindari Konsumsi Sushi

Selasa, 08 September 2015 - 13:15 WIB
Ibu Hamil Hindari Konsumsi Sushi
Ibu Hamil Hindari Konsumsi Sushi
A A A
JAKARTA - Rasa khawatir kerap menimpa ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil rentan akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Untuk itu agar tidak memengaruhi janin, banyak pantangan yang harus dilakukan ibu hamil, seperti pantangan makanan tertentu.

Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang kurang memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Berikut, makanan yang disarankan tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Sushi
Sushi dengan potongan ikan mentah atau yang dimasak tidak matang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan. Pasalnya, makanan mentah dikhawatirnya mengandung banyak bakteri.

"Makanan mentah mengandung toksoplasmosis. Toksoplasmosis itu sejenis parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin. Seperti ikan-ikan yang dimakan mentah tidak bagus ya karena dikhawatirkan sudah tercemar bakteri," papar Konsultan Nutrisi, Ria Amelia di Jakarta.

Tidak hanya pada ikan dan daging mentah, bakteri serupa juga bisa terdapat pada sayuran yang mentah dan pencucian yang tidak bersih. Seperti salad dan lalapan.

2. Alkohol
Konsumsi alkohol saat masa kehamilan bisa menjadi racun bagi bayi. Tidak hanya itu, alkohol juga bisa menyebabkan kelainan perkembangan janin.

3. Kafein
Ria menjelaskan, kafein bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kecil. Jika hal tersebut terjadi, umumnya bayi memerlukan penangan khusus.

"Kafein itu bisa memungkinkan bayi kurang dari 3 ribu gram, kalau kurang maka bayi bisa masuk inkubator dan mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter," jelas Ria.

4. Keju
Makanan yang tidak dipasteurisasi seperti keju, mozzarella, susu kambing dan domba dipercaya mengandung bakytri listeria. Listeria merupakan bakteri yang mampu menembus plasenta dan bisa menyebabkan infeksi janin.

"Jika wanita hamil terinfeksi bakteri ini dampak buruknya bisa membuat keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5856 seconds (0.1#10.140)