Cara Mencuci Wajah yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit

Cara Mencuci Wajah yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit
Cara Mencuci Wajah yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit. (Istimewa).
A+ A-
JAKARTA - Mencuci wajah merupakan cara mudah untuk menjaga wajah terhindar dari berbagai macam masalah kulit. Mulai dari kulit kusam hingga timbulnya jerawat. Sayangnya, kegiatan sederhana ini kerap diremehkan banyak orang.

Bahkan, masih banyak yang mencuci wajah dengan cara yang tidak tepat. Spesialis kulit, dr Eddy Karta, Sp.KK menyarankan untuk mengetahui jenis kulit sebelum mencuci wajah. Ini bertujuan untuk mengetahui sabun pencuci wajah apa yang tepat digunakan dengan jenis kulit wajah.

"Mencuci wajah merupakan hal mudah, namun tak sedikit orang yang salah kaprah dalam pemilihan sabunnya. Bagi kulit berminyak bisa memilih sabun yang oil free dan sabun pembersih wajah berbahan gel karena dapat membersihkan minyak dengan baik," papar dr Eddy saat ditemui Sindonews di Intercontinental Hotel, Jakarta.

Sedangkan untuk kulit wajah kering, dr Eddy menyarankan untuk menggunakan sabun wajah dengan kandungan deterjen rendah. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah, agar kulit tidak semakin kering, pastikan Anda menghindari sabun pembersih dengan kandungan alkohol.

"Jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, Anda dapat memakai sabun khusus yang disarankan oleh dokter kecantikan," sarannya.

Selain itu, untuk kulit wajah normal, sebaiknya mencuci wajah dengan sabun yang memiliki kandungan ringan. "Sabun yang tidak terlalu berbusa dan setelah digunakan masih terasa licin di kulit itu baik. Kalau mengandung deterjen dia akan banyak busanya," pungkasnya.


(nfl)
dibaca 2.600x
Top