Wanita Sulit Konsentrasi Rentan Terkena Alzheimer

Jum'at, 17 April 2015 - 11:14 WIB
Wanita Sulit Konsentrasi Rentan Terkena Alzheimer
Wanita Sulit Konsentrasi Rentan Terkena Alzheimer
A A A
KANADA - Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa, wanita yang merasa sulit untuk berpikir dan bergerak pada saat yang sama, seperti mengendarai mobil, memiliki risiko lebih besar terkena penyakit Alzheimer.

Dilansir dari Healthmeup, peneliti dari York University Kanada berhasil menemukan, adanya kerusakan. Kerusakan tersebut berada di antara jalur bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan sinyal antara daerah otak yang berbeda. Jalur tersebut diperlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti mengendarai mobil atau bekerja pada komputer.

Peneliti berhasil menemukan hubungan tersebut. Menurutnya, hubungan antara kemampuan untuk melakukan tugas-tugas tersebut, dan kesulitan komunikasi antara daerah otak yang berbeda yang mengelola pemikiran dan gerakan.

"Kami mengamati hubungan antara tingkat kerusakan pada kabel otak dan kinerja mereka pada tugas keseharian yang membutuhkan kemampuan berpikir dan pergerakan secara simultan, Apa yang kita lihat di sini adalah hasil dari kegagalan komunikasi," papar Profesor Lauren Sergio.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa, tugas sederhana dan terkomputerisasi yang dilakukan peserta bisa menjadi ujian yang membantu orang-orang yang berisiko mengidap penyakit Alzheimer. Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan tanda-tanda peringatan dini.

Penyakit Alzheimer berhubungan dengan penurunan fungsi otak, persepsi, dan aspek lain dari fungsi kognitif. Sedangkan pada tahap berikutnya, penderita akan mengalami ketidakmampuan yang lebih kompleks.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9531 seconds (0.1#10.140)