Hati-hati! Pengapuran Bisa Menyerang Anak Muda

Rabu, 04 November 2015 - 09:30 WIB
Hati-hati! Pengapuran Bisa Menyerang Anak Muda
Hati-hati! Pengapuran Bisa Menyerang Anak Muda
A A A
JAKARTA - Ostheoarthritis (OA) atau pengapuran tidak hanya menyerang orang dengan usia lanjut atau lansia. Dijelaskan dr Adrian W Tarigan dari Rumah Sakit Jakarta, Ostheoarthritis juga kerap menyerang mereka yang masih muda.

Menurutnya, OA pada usia muda disebabkan karena trauma cedera akibat olahraga yang terlalu intensif. Seperti lari maraton dan angkat beban. Tidak hanya itu, orang dengan obesitas juga mudah terkena OA.

"Biasanya yang gila-gila maraton car free day tuh datang ke saya besoknya dengan kerusakan. Olahraga itu kan terdiri dari tiga fase pertama warming up, exercise, lalu cooling down nah ini cooling down biasanya terlewatkan malah foto-foto," papar dr Adrian di Hotel Millenium, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Rasa nyeri ketika bergerak dan kaku sendi merupakan salah satu gejala awal dari OA. Untuk itu, Adrian menyarankan penderita OA menjaga kondisi. Pasalnya, jika tidak dijaga bisa menyebabkan pembengkakan pada sendi hingga deformitas.

Menurut Adrian, jika belum parah, penderita OA bisa melakukan pengobatan dengan cara mengurangi beban pada sendi. Seperti membatasi aktivitas fisik berat dan menjaga berat badan.

"Pengobatan umumnya kalau belum parah kita sarankan istirahat teratur dan mengurangi beban pada sendi. Hal ini penting karena bila sudah terkena OA kondisi tersebut tak bisa disembuhkan total," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8655 seconds (0.1#10.140)