Cara Terapkan Puasa untuk Anak-anak Agar Tetap Sehat

Selasa, 31 Mei 2016 - 11:20 WIB
Cara Terapkan Puasa untuk Anak-anak Agar Tetap Sehat
Cara Terapkan Puasa untuk Anak-anak Agar Tetap Sehat
A A A
JAKARTA - Bagi umat muslim di dunia, menjalankan puasa merupakan suatu keharusan. Pasalnya, selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga baik untuk kesehatan. Namun, bagaimana untuk anak-anak?

Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK menjelaskan, menerapkan puasa kepada anak-anak harus disesuaikan dengan umur. Selain itu, para orang tua juga harus memberikan pengertian kepada buah hati mereka.

"Puasa untuk anak-anak itu harus di sesuaikan dengan umur mereka. Ingat harus secara perlahan. Orang tua juga harus memberikan pengertian apa itu puasa. Misalnya, bisa di mulai dengan puasa setengah hari dan jika sudah kuat dilanjut dengan full," papar dr Marya kepada Sindonews di Jakarta.

Sementara, agar anak tetap berenergi dan bersemangat saat berpuasa, pastikan kecukupan nutrisinya. Hal tersebut berlaku untuk sahur dan berbuka puasa. Dalam hal ini, para orang tua, khususnya ibu dituntut untuk kreatif membuat menu sehat untuk buah hati mereka.

"Kenyangnya harus terjaga. Kecukupan nutrisi, nggak mengandung karbo dan banyak lemak. Harus ada sayur dan buah. Karena puasa akan panjang banget jadi orang tua harus pintar membuat menu sehat. Untuk berbuka puasa, biasa yang manis. Di bandingkan sirup, ajarkan anak untuk mengonsumsi buah. Seperti kurma. Itu lebih sehat dan gula tidak berlebihan," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7211 seconds (0.1#10.140)