Ragam Manfaat Body Scrubbing

Senin, 28 Agustus 2017 - 21:27 WIB
Ragam Manfaat Body Scrubbing
Ragam Manfaat Body Scrubbing
A A A
JAKARTA - Jenis perawatanbody scrubbing memiliki beragam manfaat yang baik untuk tampilan kulit tubuh. Perawatan body scrubbing harus dilakukan dengan tepat agar semua manfaat tersebut dapat dirasakan kulit tubuh.

Dermatologis dr Ruri Pamela SpKK dari RS Dr Suyoto Bintaro mengatakan body scrubbing mampu membuat kulit lebih halus dan segar. Tidak hanya wajah yang bisa mendapatkan manfaat scrubbing secara teratur, body scrubbing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan penampilan kulit.

Ruri menyebutkan, tanpa melakukan body scrubbing secara teratur, pori-pori kulit akan mudah tersumbat sehingga menyulitkan pelembap masuk ke lapisan yang lebih dalam dan menciptakan penampakan yang kasar dan tidak menarik.

“Jadi, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan sehalus mungkin, kuncinya adalah body scrubbing,” kata Ruri.

Sementara, Deputy GM Brand Development Marina Melani Dwi Astuti menjelaskan, setidaknya ada beberapa manfaat utama yang bisa diperoleh tubuh apabila melakukan perawatan body scrubbing secara rutin.

Pertama, membersihkan, menyegarkan, dan meremajakan kulit. Manfaat selanjutnya, membuat kulit terlihat lebih muda.

Menurut Melani, body scrubbing juga mampu menghilangkan tampilan kulit yang kusam dan tidak segar. Sel kulit manusia sebenarnya luruh setiap hari (sekitar 11.000 -23.000 sel kulit per jam) dan biasanya memakan waktu sekitar 27 sampai 30 hari sebelum sel kulit baru mencapai lapisan atas kulit (stratum corneum).

“Menggunakan body scrub secara teratur akan membantu membuat kulit terlihat lebih segar dan awet muda,” ujar Melani.

Selain itu, body scrubbing bermanfaat untuk membantu proses pengangkatan sel kulit mati sehingga mempermudah pelembap kulit menyerap ke dalam kulit yang sehat. Idealnya, body scrub yang baik tidak hanya berperan sebagai exfoliant lembut, juga melembapkan kulit pada saat bersamaan.

“Gerakan memijat saat melakukan body scrubbing dapat membantu pengangkatan sel kulit mati penyebab jerawat, sekaligus membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga membantu meringankan stres,” tambah Melani.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari body scrub, perlu diperhatikan juga cara mengaplikasikan body scrub tersebut, yakni dengan memberikan tekanan yang kuat saat melakukan luluran.

“Sebaiknya selalu menggosok ke atas, dan berkonsentrasi di area yang sulit seperti siku, lutut, kaki, dan bagian belakang leher,” ujar Ruri.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6855 seconds (0.1#10.140)
pixels