4 Tips Mencegah Dehidrasi saat Menjalani Ibadah Puasa Ramadan

Kamis, 23 Maret 2023 - 17:56 WIB
"Konsumsi teh yang terlalu manis juga sebaiknya dihindari saat sahur karena akan memicu rasa haus di siang hari, terutama di musim pancaroba dengan suhu udara yang dapat berubah secara ekstrem," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dokter Irwan, minuman terbaik pada saat sahur adalah air putih. Pastikan Anda minum air putih minimal dua gelas pada saat sahur.

3. Hindari Makanan Terlalu Pedas dan Asin



Makanan pedas dan asin dapat meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air, gunakan rasa ini dalam porsi kecil saja. Oleh karenanya dianjurkan untuk tidak terlalu banyak menggunakan garam, atau rasa pedas dalam makanan Anda. Ini akan membuat tubuh jadi mudah dehidrasi dan mengeluarkan banyak cairan.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran



Ketika berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda yang seharian berpuasa.



Kemudian makan buah dan sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi dapat membantu menghidrasi tubuh. Jenis buah dan sayuran tertentu memiliki kandungan air yang tinggi, dan menjadikannya sebagai sumber gizi dan sekaligus menyegarkan kembali tubuh Anda setelah berpuasa seharian.
(nug)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More