Alami Dehidrasi Akibat Cuaca Panas? Ini Daftar Minuman yang Wajib Dikonsumsi

Selasa, 25 April 2023 - 15:05 WIB
Minuman sehat ini bisa memberikan tahan haus. Buah semangka dan melon mengandung air lebih banyak, sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Juga jus alpukat dan pisang bisa dipilih, karena mengandung kalium yang mampu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

3. Air kelapa

Minuman sejuta umat ini sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Air kelapa jadi salah satu minuman dapat mengisi kembali elektroilit hilang selama seharian berpuasa atau beraktivitas.

Selain rasa segar didapatkan, minum air kelapa itu menyehatkan serta mudah ditemukan di manapun. Elektrolit ialah mineral penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga membantu mencegah dehidrasi.

Sekadar informasi, dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan atau jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari cairan yang masuk. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya asupan cairan tubuh, pengeluaran cairan secara berlebihan akibat muntah atau diare.

Berkurangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak akibat dehidrasi, dapat memengaruhi kadar mineral, garam, dan gula dalam darah. Kondisi ini berpotensi mengganggu fungsi organ tubuh, dan menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera mendapatkan penanganan dengan tepat.
(hri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More