7 Cara Turunkan Gula Darah dengan Cepat, Kontrol Diabetes Tanpa Obat

Senin, 31 Juli 2023 - 08:57 WIB
Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, kehilangan sedikit saja berat badan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah secara signifikan. Bekerja untuk mencapai berat badan yang sehat melalui kombinasi diet seimbang dan aktivitas fisik secara teratur.



4. Kontrol Asupan Karbohidrat



Karbohidrat memiliki dampak langsung pada kadar gula darah. Memahami dan mengelola asupan karbohidrat penting untuk pengendalian diabetes. Pilihlah karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah.

Seperti biji-bijian utuh, polong-polongan, dan sayuran non-tepung. Memantau asupan karbohidrat, terutama bersamaan dengan kontrol porsi, dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

5. Kurangi Stres



Stres dapat memengaruhi kadar gula darah dengan memicu respons hormonal yang meningkatkan produksi glukosa. Menerapkan teknik manajemen stres dapat membantu mengendalikan diabetes.

Terlibat dalam aktivitas seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, yoga, atau melakukan hobi untuk mengurangi tingkat stres. Memprioritaskan perawatan diri, cukup tidur, dan menjaga keseimbangan kehidupan kerja juga penting untuk manajemen stres.

6. Terhidrasi



Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan manajemen diabetes. Minum air dalam jumlah yang cukup membantu mencegah dehidrasi, mendukung fungsi ginjal, dan membantu mengatur kadar gula darah.

Idealnya minum setidaknya delapan gelas air per hari. Selain itu, sesuaikan asupan Anda berdasarkan kebutuhan dan tingkat aktivitas individu.



7. Periksa Kadar Gula Darah



Secara teratur memantau kadar gula darah sangat penting untuk manajemen diabetes. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana pilihan gaya hidup dan kebiasaan diet memengaruhi gula darah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More