Mengapa Nasi Selalu 'Dituduh' sebagai Masalah Utama Diabetes?

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 04:40 WIB


Itu sebabnya, pasien diabetes kerap direkomendasikan untuk mengurangi nasi putih karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.

Berdasarkan laporan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia disebutkan bahwa penderita diabetes perlu memenuhi asupan karbohidrat sebesar 45%-65% dari total asupan energi per hari.

Sementara, mengutip laman Hellosehat, American Diabetes Association telah menyarankan batas aman asupan karbohidrat untuk penderita diabetes adalah 45-60 gram per satu kali makan (sama dengan setengah gelas) atau 135-180 gram karbohidrat per hari.

"Namun angka tersebut tidak selalu sama untuk tiap orang, karena kebutuhan karbohidrat tetap bergantung pada faktor jenis kelamin, umur, pengobatan, dan intensitas aktivitas harian," tulis situs kesehatan tersebut.

Selain memperhatikan berapa banyak asupan karbohidrat, penderita diabetes juga perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi jenis karbohidrat yang tepat. Bila itu nasi, pilihlah yang indeks glikemiknya rendah, yakni di bawah 55, seperti beras merah dan beras basmati. Namun, tetap harus diingat, konsumsi kedua jenis beras tersebut juga tidak boleh terlalu berlebihan.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More