5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul pada Wajah, Kenali dan Waspadai!

Kamis, 31 Agustus 2023 - 15:47 WIB
Berikutnya ada Psoriasis. Kondisi ini biasanya terjadi pada kulit kepala, lutut, siku, dan punggung bawah. Namun, beberapa di antaranya juga ditemukan pada wajah.

Psoriasis bisa menyebabkan bercak tebal dan bersisik di kulit. Pada kondisi kulit yang lebih terang, bercak mungkin berwarna merah muda atau merah. Sementara jika kulit lebih gelap, bercak akan berwarna hitam keunguan.

3. Xanthomas



Xanthomas adalah kondisi lesi kulit yang keras dan tampak seperti lilin. Hal ini bisa muncul karena terjadi karena penumpukan kolesterol yang menyebabkan endapan di bawah permukaan kulit.

Pada kemunculannya, kondisi ini bisa berupa benjolan kecil, nodul, atau sejenisnya yang membesar seiring waktu.

4. Eruptive Xanthoma



Kemudian, ada juga eruptive xanthoma. Kondisi langka ini dapat menyebabkan lesi kecil muncul di kulit. Bisa di bagian siku, tangan, hingga lutut. Namun, tidak menutup kemungkinan juga muncul di wajah.

Kondisi Ini adalah tanda kadar trigliserida yang sangat tinggi. Sebuah penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa 10 persen orang dengan kolesterol tinggi akan berpotensi memunculkan tanda ini.

5. Lichen Planus



Lichen planus merupakan kondisi yang menyebabkan ruam gatal di kulit. Para peneliti mengaitkan lichen planus dengan kondisi dislipidemia atau kadar lipid tinggi, termasuk kolesterol tinggi.

Gejala paling umum dari kondisi ini berupa benjolan ungu atau merah mengkilap yang terasa gatal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More