5 Perbedaan Amandel dan Radang Tenggorokan, Definisi hingga Penanganannya

Kamis, 11 Januari 2024 - 04:40 WIB
Sementara kalau radang tenggorokan maka kelenjar getah bening di leher membengkak, muncul tanda kemerahan di bagian langit-langit mulut, dan terasa gatal di tenggorokan.



4. Penderita

Radang amandel sering kali menyerang anak-anak atau remaja yang berada di bawah usia 18 tahun. Sebab, kekebalan tubuh mereka belum sempurna sehingga mudah terinfeksi virus dan bakteri.

Sementara radang tenggorokan lebih sering terjadi pada orang tua. Meski begitu, radang ini juga bisa menyerang anak-anak dan remaja dewasa.

5. Penanganan

Penanganan radang amandel yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Namun, jika radang sudah terlalu parah, maka akan ada tindak operasi di rumah sakit.

Sementara untuk radang tenggorokan tidak akan ada tindak operasi, karena biasanya sembuh sendiri dalam beberapa minggu. Namun, jika semakin parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Itulah lima perbedaan antara radang amandel dengan radang tenggorokan. Pada dasarnya kedua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh virus dan bakteri, namun memiliki cara penanganan yang berbeda ketika sudah mulai parah.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More