9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Diet

Senin, 15 Januari 2024 - 07:00 WIB

2. Gunakan Piring Kecil untuk Makanan Berkalori Tinggi



Piring makanan pada umumnya saat ini lebih besar dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Tren ini dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, karena menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Anda makan lebih sedikit dengan membuat porsinya terlihat lebih besar.

Sebaliknya, piring yang lebih besar dapat membuat porsi terlihat lebih kecil sehingga menyebabkan Anda menambahkan lebih banyak makanan. Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan menyajikan makanan padat nutrisi dan rendah kalori di piring besar dan makanan berkalori tinggi di piring kecil.

3. Makan Banyak Protein



Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Hal ini terjadi karena protein memengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan glukagon-like peptida-1 (GLP-1).

Menurut sebuah penelitian pada 105 orang, mereka yang lebih patuh terhadap diet tinggi protein kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak dibandingkan mereka yang mengikuti diet protein standar.

4. Siapkan Lebih Banyak Makanan di Rumah



Memasak makanan sendiri di rumah adalah cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak makanan bergizi ke dalam diet. Ini juga membantu mendorong pembakaran lemak.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menyiapkan lebih banyak makanan di rumah cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit dibandingkan mereka yang rutin makan di luar atau mengonsumsi makanan siap saji. Studi 2017 menemukan perencanaan makan dikaitkan dengan peningkatan kualitas pola makan dan penurunan risiko obesitas.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More