10 Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Pikun, Bisa Merusak Otak

Minggu, 19 Mei 2024 - 07:00 WIB

2. Tidak Cukup Tidur



Dalam jangka pendek, tidak cukup tidur di malam hari membuat kehidupan sehari-hari menjadi sangat sulit. Hal ini menyebabkan tingkat energi yang rendah dan perasaan mudah tersinggung. Namun masalah ini bisa bersifat jangka panjang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature Communications menemukan bahwa mereka yang tidur enam jam atau kurang setiap malam meningkatkan risiko pikun sebesar 30 persen dibandingkan dengan orang yang tidur tujuh jam atau lebih.

3. Sendirian



Kesepian tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan mental, tetapi juga dapat menyebabkan Anda terkena pikun. Sebuah penelitian di AS mengamati otak orang dewasa sehat yang melaporkan perasaan kesepian.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang ini mengalami peningkatan kadar amiloid kortikal, penanda yang digunakan untuk membantu mendiagnosis pikun.

4. Paparan Suara Keras



Mendengarkan musik melalui headphone, radio, atau konser langsung, semuanya dapat menjadi faktor penyebab demensia karena adanya hubungan antara gangguan pendengaran dan kondisi tersebut.

Dr Tim Beanland dari Alzheimer's Society mendesak masyarakat untuk melindungi diri mereka sendiri dan melakukan pemeriksaan dini. “Jika Anda terpapar suara keras dalam waktu lama (atau ada jadwal pertunjukan dalam beberapa bulan mendatang), kenakan pelindung telinga bila diperlukan,” kata Dr Beanland.

5. Minum Kopi

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More