5 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal, Sarden Tinggi Purin

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:20 WIB

2. Kacang Almond



Kacang almond adalah sumber lemak sehat, protein, dan serat yang sangat baik. Namun, seperti bayam, kacang almond juga mengandung oksalat dalam jumlah yang cukup tinggi.

Oksalat yang berlebihan dalam tubuh dapat mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal. Bagi mereka yang memiliki risiko batu ginjal, konsumsi kacang almond sebaiknya dibatasi dan diganti dengan jenis kacang lain yang lebih rendah oksalat, seperti kacang mete.



3. Bit



Bit adalah sayuran akar yang penuh dengan nutrisi seperti folat, mangan, dan serat. Sayangnya, bit juga kaya akan oksalat. Terlalu banyak konsumsi bit dapat meningkatkan kadar oksalat dalam tubuh dan memicu pembentukan batu ginjal.

Mengonsumsi bit dalam jumlah moderat dan memadukannya dengan sayuran rendah oksalat dapat membantu mengurangi risiko ini.

4. Ikan Sarden



Ikan sarden merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun, ikan sarden juga tinggi purin, senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal asam urat. Bagi mereka yang memiliki riwayat asam urat atau batu ginjal, sebaiknya membatasi konsumsi ikan sarden dan memilih ikan dengan kadar purin lebih rendah seperti ikan salmon.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More