3 Jenis Penyakit yang Banyak Menyerang Jamaah Haji 2024

Rabu, 19 Juni 2024 - 15:40 WIB

2. Penyakit Saluran Pencernaan



Penyakit saluran pencernaan, seperti diare dan gastroenteritis, juga sering dialami oleh jemaah haji. Penyebab utamanya adalah kontaminasi makanan dan air, serta kebersihan yang kurang. Gejala penyakit saluran pencernaan termasuk diare, mual, muntah, dan kram perut.

Faktor-faktor risiko yang meliputi kondisi ini meliputi kualitas air dan makanan. Di mana makanan dan minuman yang tidak higienis dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

Makan di tempat-tempat umum yang ramai dan tidak terjamin kebersihannya juga menjadi penyebab. Di sisi lain, kondisi fisik yang lelah dan stres dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.



3. Pneumonia



Pneumonia atau radang paru-paru merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang jemaah haji di Arab Saudi. Jemaah haji berkumpul dalam jumlah besar di tempat-tempat suci seperti Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Kerumunan ini dapat memfasilitasi penularan infeksi dari satu individu ke individu lainnya, termasuk penyakit pernapasan seperti pneumonia. Lingkungan di sekitar Makkah dan Madinah dapat menjadi faktor risiko. Misalnya, cuaca panas dan kering dapat menyebabkan dehidrasi dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi pernapasan termasuk pneumonia.

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur pada paru-paru. Di mana pasien banyak yang mengeluhkan gejala seperti batuk berdahak, demam, sesak napas, nyeri dada.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More