8 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan saat Kolesterol Tinggi

Jum'at, 12 Juli 2024 - 23:30 WIB

2. Bit



Bit juga merupakan sayuran yang tinggi oksalat. Meski bit memiliki manfaat seperti meningkatkan stamina dan kesehatan jantung, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar oksalat dalam tubuh.

Bagi penderita kolesterol tinggi, ini bisa menambah risiko pembentukan batu ginjal dan masalah lainnya yang berkaitan dengan penyerapan mineral penting.

3. Lobak



Lobak adalah sayuran lain yang mengandung oksalat. Konsumsi lobak dalam jumlah besar bisa menyebabkan penumpukan oksalat dalam tubuh, yang dapat berpengaruh negatif pada penyerapan kalsium dan fungsi ginjal.

Penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari konsumsi lobak dalam porsi besar dan lebih memilih sayuran dengan kandungan oksalat yang lebih rendah.

4. Asparagus



Asparagus mengandung purin, yang di dalam tubuh diubah menjadi asam urat. Meskipun asam urat biasanya dikaitkan dengan masalah seperti gout, penderita kolesterol tinggi juga harus memperhatikan asupan purin.

Kadar asam urat yang tinggi bisa mempengaruhi metabolisme dan penyerapan nutrisi lainnya yang penting untuk mengelola kolesterol.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More