7 Ciri-ciri Asam Urat di Usia Muda yang Sering Disepelekan

Rabu, 31 Juli 2024 - 22:25 WIB
Persendian yang terkena asam urat sering kali menjadi bengkak, merah, dan sangat lembut. Pembengkakan ini disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat yang memicu respons inflamasi. Kemerahan di sekitar sendi yang terkena juga umum terjadi, membuat sendi terlihat lebih besar dan lebih hangat dari area sekitarnya.

3. Sensasi Panas di Sendi



Sendi yang terkena asam urat biasanya terasa panas saat disentuh. Sensasi panas ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi akibat kristal asam urat. Perasaan panas ini bisa sangat tidak nyaman dan menambah rasa nyeri yang sudah ada.



4. Terbatasnya Gerakan Sendi



Asam urat dapat menyebabkan sendi yang terkena menjadi kaku dan sulit digerakkan. Keterbatasan gerakan ini disebabkan oleh rasa sakit dan pembengkakan yang membuat sendi tidak fleksibel. Akibatnya, aktivitas sehari-hari seperti berjalan atau memegang benda bisa menjadi sulit.

5. Pembentukan Tophi



Tophi adalah benjolan keras yang terbentuk di bawah kulit ketika kadar asam urat dalam tubuh sangat tinggi. Tophi biasanya muncul di sekitar jari, tangan, siku, atau telinga. Meskipun tophi lebih umum pada kasus asam urat yang sudah lama, mereka juga bisa muncul pada orang muda dengan kadar asam urat yang sangat tinggi.

6. Demam



Serangan asam urat yang parah dapat disertai dengan demam. Demam ini merupakan respons tubuh terhadap peradangan yang intens di persendian. Meskipun tidak selalu terjadi, demam bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan peradangan yang disebabkan oleh kristal asam urat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More