Apakah Otak Pria dan Wanita Berbeda?

Sabtu, 21 September 2024 - 13:00 WIB
"Motivasi utama penelitian ini adalah bahwa jenis kelamin memainkan peran penting dalam perkembangan otak manusia, dalam penuaan, dan dalam manifestasi gangguan kejiwaan dan neurologis," ujarnya.

Subjek kontroversial

Tetap saja, gagasan bahwa ada perbedaan kognitif antara pria dan wanita berdasarkan ukuran otak tetap menjadi hal yang kontroversial.

Namun dengan isu gender yang sekarang menjadi salah satu subjek yang paling banyak dibicarakan di abad ke-21, pertanyaan tentang apakah ada perbedaan antara otak pria dan wanita telah diteliti lebih lanjut.

Setara tapi berbeda?

"Jika kita terus percaya pada argumen bahwa perbedaan antara pria dan wanita bersifat bawaan, permanen, dan tidak dapat diatasi, maka segala upaya untuk mengatasi ketidaksetaraan akan dengan mudah diabaikan," ujar Rippon.



Namun, Vinod Menon dari Stanford memperingatkan bahwa mengabaikan perbedaan jenis kelamin dalam organisasi otak dapat menyebabkan kita kehilangan faktor-faktor utama yang mendasari gangguan neuropsikiatri.

Jadi, meskipun penelitian yang dipimpin AI berhasil menembus diskriminasi historis dan politik gender untuk mendapatkan kebenaran tentang perbedaan antara otak pria dan wanita, sikap yang dianut oleh banyak ilmuwan adalah bahwa hasil apa pun perlu ditafsirkan dengan hati-hati.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More