Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg dalam Sebulan, Penting Defisit Kalori

Minggu, 22 September 2024 - 07:00 WIB

2. Kendalikan Porsi Makan



Mengontrol porsi makan adalah langkah penting. Gunakan piring kecil untuk membantu mengendalikan jumlah makanan yang dikonsumsi. Hindari makan berlebihan dengan mengonsumsi makanan secara perlahan dan perhatikan rasa kenyang.

3. Pilih Makanan dengan Nutrisi Tinggi



Pastikan makanan yang Anda konsumsi kaya nutrisi, bukan sekadar rendah kalori. Makanan dengan kandungan protein, serat, dan lemak sehat akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Mengonsumsi protein membantu menjaga massa otot dan meningkatkan metabolisme. Pilihlah sumber protein seperti ikan, telur, tahu, dan tempe. Sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian utuh adalah sumber serat yang membantu pencernaan dan menjaga rasa kenyang.

Pilih lemak dari kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal.

4. Kurangi Karbohidrat Sederhana dan Gula



Karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti, kue, dan makanan manis harus dibatasi. Gantilah dengan karbohidrat kompleks yang memberikan energi lebih lama, seperti beras merah, quinoa, atau oatmeal.

Hindari juga makanan olahan dan minuman tinggi gula, seperti soda, jus kemasan, dan makanan cepat saji, yang dapat menambah berat badan tanpa memberikan nutrisi yang baik.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More