9 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cukup Atur Porsi Makan

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:40 WIB

2. Jangan Makan Langsung dari Kantong atau Kotak



Ini bisa menjadi alasan terbesar mengapa Anda makan berlebihan saat waktu ngemil. Ini terutama berlaku saat Anda menonton atau bekerja sambil ngemil. Penelitian menunjukkan bahwa orang makan 50 persen lebih banyak saat tidak ada petunjuk visual tentang ukuran porsi.

Jadi, jika Anda tidak bisa hidup tanpa keripik atau kue favorit, bagilah isinya ke dalam porsi-porsi kecil. Dengan cara ini, saat Anda lapar atau makan karena bosan langsung dari mangkuk atau kotak, Anda tidak akan menghabiskan seluruh porsinya.

3. Makan dengan Penuh Kesadaran



Nikmati setiap gigitan dan makanlah dengan perlahan. Ini memberi waktu bagi otak untuk merasakan rasa kenyang, sehingga membantu menghindari makan berlebihan.

Jika permen atau camilan selalu terlihat, akan lebih sulit untuk menolaknya. Simpan makanan tersebut di tempat yang tidak terlihat atau dalam wadah tertutup sehingga Anda tidak tergoda setiap kali melewatinya.

Berikan diri Anda sejumlah camilan per hari, dan buatlah itu tidak bisa ditawar. Misalnya, batasi diri hingga dua permen atau satu camilan yang memanjakan diri per hari, jadikan setiap camilan sebagai memanjakan diri yang penuh kesadaran.

4. Seimbangkan Piring



Isi setengah piring Anda dengan sayuran dan salad, seperempat dengan protein rendah lemak, dan seperempat dengan camilan atau karbohidrat yang lezat. Ini membuat makanan tetap bergizi namun mengenyangkan.

Mengonsumsi protein seperti lentil, paneer, telur, atau yogurt saat makan membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga mengurangi kemungkinan ngemil makanan lezat di sela-sela waktu makan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More