Stres Sebabkan 9 Masalah Kesehatan, Insomnia hingga Libido Rendah

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 12:20 WIB
“Oleh karena itu, pengurangan stres dan bersikap lembut pada diri sendiri memainkan peran penting dalam mengelola gangguan mood," imbuh Hannah.

Stres kronis juga dapat mempengaruhi memori dan konsentrasi karena kortisol mengurangi aktivitas di bagian hipokampus otak yang bertanggung jawab atas memori dan meningkatkan aktivitas di amigdala, membuat merasa lebih panik.

8. Libido rendah

Stres bisa menjadi pembunuh gairah nyata karena sejumlah alasan, tetapi paling tidak karena dapat mengganggu hormon seks . Hormon stres kortisol, dibuat dari blok bangunan yang sama seperti estrogen, progesteron, dan testosteron.

"Jika jalur kortisol diregulasi, jalur hormon seks kita akan diregulasi ke bawah untuk mengatasi peningkatan permintaan, dan ini bisa berdampak negatif pada libido," papar Hannah.

9. Kesuburan berkurang

Stres diperkirakan berpotensi berperan dalam hingga 30% masalah infertilitas .

"Teknik pengurangan stres sering ditemukan berkorelasi positif dengan peningkatan kemungkinan pembuahan, karena terkait penurunan kadar kortisol, regulasi protein dalam lapisan rahim yang terlibat dalam implantasi dan peningkatan aliran darah ke rahim," tutup Hannah.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More