10 Lomba Kemerdekaan Indonesia yang Paling Ingin Dimainkan, Nomor 1 dan 2 Paling Favorit

Senin, 15 Agustus 2022 - 13:27 WIB
Siapa yang tak kenal dengan lomba balap karung? Ya, lomba satu ini menjadi favorit masyarakat Indonesia kala merayakan HUT RI. Balap karung adalah lomba yang mengharuskan pesertanya untuk masuk ke dalam karung lalu dan berlomba mencapai garis akhir dengan cara melompat. Awalnya, permainan ini diperkenalkan oleh seorang Belanda ke berbagai sekolah dan instansi. Seiring berjalannya waktu, balap karung dilakukan sendiri oleh masyarakat Tanah Air karena mudah dan mengasyikkan. Sampai hari ini, balap karung masih menjadi lomba yang ditunggu-tunggu masyarakat.

6. Memasukkan Paku ke Dalam Botol (6%)

Selanjutnya ada lomba memasukkan paku ke dalam botol yang dipilih oleh 6% responden. Dihimpun dari berbagai sumber, lomba ini dimaksudkan untuk melatih konsentrasi dan kesabaran si pemain. Kedua hal itu sudah jelas sangat dibutuhkan. Sebab, permainan ini menuntut pesertanya untuk memasukkan paku ke dalam botol dengan tidak menggunakan tangan atau bagian tubuh mana pun.

7. Lomba Memukul Air (6%)

Meskipun terdengar kurang familiar, namun lomba memukul air menjadi pilihan 6% responden jajak pendapat. Lomba memukul air ini mengharuskan peserta untuk memukul plastik atau balon yang berisi air, dengan menggunakan kayu serta mata tertutup. Mereka yang berhasil memukul dengan tepat hingga balon atau plastik tersebut pecah, berhak menjadi juara. Kelihatannya mudah, tapi lomba ini sangat membutuhkan konsentrasi tinggi.

Ada berbagai variasi lomba pukul air. Melansir Okezone, masyarakat di kampung Pangkalan, Sukabumi, misalnya, melakukan lomba memukul balon air yang dihias dengan sketsa wajah koruptor. Pemukul yang digunakan bukanlah kayu, melainkan sandal jepit. Melalui lomba ini, warga bermaksud menyuarakan pendapatnya yang kesal terhadap ulah para koruptor.

8. Balap Kelereng (5%)

Anak-anak pasti menyukai lomba satu ini. Selain seru, lomba balap kelereng juga melatih konsentrasi dan kesabaran pemainnya. Melansir Okezone, balap kelereng adalah salah satu lomba dengan segudang manfaat. Contohnya adalah melatih keberanian, mental, dan konsentrasi pemain, terutama anak-anak. Seperti diketahui, lomba balap kelereng mewajibkan pemain untuk berjalan dengan menggigit sebuah sendok yang terdapat sebuah kelereng di atas sendok tersebut. Mereka yang berhasil menyentuh garis finis terlebih dahulu berhak memenangkan pertandingan.

9. Joget Balon (4%)

Joget balon juga menjadi salah satu permainan atau lomba favorit masyarakat Indonesia saat HUT RI di tanggal 17 Agustus. Laman Celebrities.id menyebut, peserta joget balon akan berjoget menggunakan balon bersama rekan satu timnya. Peserta lomba akan dinyatakan kalah apabila balon yang digunakan jatuh. Tentu saja, lomba ini sangat menuntut kerja sama tim dalam berkomunikasi.

10. Menangkap Belut (3%)

Lomba terakhir khas 17-an yang menjadi favorit masyarakat adalah menangkap belut. Lomba satu ini tak jarang memberikan kehebohan lantaran sulitnya peserta dalam menangkap belut. Belum lagi tubuh belut yang licin, membuatnya mudah terlepas dari genggaman peserta. Dalam lomba ini, peserta dituntut harus berani dan cerdik agar belut tersebut tidak terlepas dan kabur dari genggaman. Pandemi Covid-19 tak menyurutkan masyarakat untuk melakukan lomba ini. Menangkap belut tetap dilakukan dan menjadi lomba favorit warga.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More