Desa Wisata Seribu Gonjong Destinasi yang Menarik dan Unik

Senin, 15 Agustus 2022 - 21:15 WIB
Selain itu, tak jauh dari Desa Sarugo juga berdiri monomen Museum Tan Malaka di mana museum ini merupakan rumah Pahlawan Nasional Ibrahim Datuk Ian Malaka yang dijadikan Museum sejak tahun 1998.

Desa Wisata Saribu Gonjong merupakan 50 desa terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Kampung adat ini memiliki suasana pedesaan dengan panorama yang asri di tambah semilir angin dari perbukitan, mendatangkan nuansa damai yang tak ditemukan di tempat lain yaitu adanya DiIndonesia Saja.



Suasana Damai

Kalau kita tilik lebih detail, Rumah Adat Seribu Gonjong terletak di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Perkampungan terpencil dan paling utara di Kabupaten Lima Puluh Kota itu jauh dari keramaian kota, suasananya masih terlihat asri dan tenang serta damai, bahkan sinyal telepon provider ataupun internet tidak ada. Jika mereka ingin komunikasi harus membeli voucer wifi dengan harga yang terjangkau.

Sarugo, merupakan salah satu dari sedikit kampung yang begitu tradisional. Karena sulitnya akses komunikasi untuk gadget, kesenian anak nagari berkembang pesat. Seperti randai, talempong, maupun silek masih lestari sejak dulu hingga kini.

Menurut Rici Candra Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sarugo menjelaskan, dengan adanya kesulitan sinyal komunikasi belum maksimal ini menjadi tantangan tersendiri, tapi juga menjadi kelebihan yang patut disyukuri, kerena mereka yang berkunjung di Desa Sarugo ini betul-betul dapat menikmati suasana damai. Mereka yang datang wisata ke Desa Sarugo yang sehari-harinya disibukan dengan gadget dapat betul-betul merasakan ketenangan dengan menikmati susasa damai.

“Kami melihat ini tantangan dan juga menjadi kelebihan kami, karena dengan tidak adanya gadget anak-anak dapat bermain dengan mainan tradisional, sehingga tetap lestari,”ucapnya.

Untuk melepas lelah di Desa Wisata Gonjong terdapat Homestay yang cukup nyaman dan bersih. Cukup dengan Rp100.000/malam wisatawan dapat menginap di rumah gadang dengan nuansa minang dan siapapun yang menginap di sini akan merasa betah. Karena selain bersih tempatnya juga nyaman dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More