Serunya Memanen Buah Kakao di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan

Selasa, 27 September 2022 - 22:56 WIB
Namun saat ini, pemerintah kabupaten Pinrang tengah berupaya untuk membangkitkan kembali kejayaan kebun kakao mereka. GAP sendiri dimulai dari proses pembibitan. Pengunjung akan diajak menyambangi area ED Farm & Nursery area binaan Cocoa Life. Di tempat ini, akan dijelaskan secara singkat tentang pembibitan tanaman kakao.

Menurut Rudi salah satu petani binaan Cocoa Life, proses pembibitan kakao di Kabupaten Pinrang telah mengalami pergeseran. Jika dulunya bibit ditanam secara hybrid, dari biji lalu disemai hingga tumbuh tunas baru ditanam, sekarang proses pembibitan dilakukan secara dua tahap.

"Biji akan disemai lalu dibiarkan selama 3 bulan, lalu akan dilakukan teknik penyambungan (stek). Cara ini rupanya ampuh untuk mempercepat proses pertumbuhan dan meningkatkan produktivitas tanaman," kata Rudi.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, Kabupaten Pinrang memang tengah fokus melakukan peremajaan tanaman untuk menggantikan tanaman-tanaman yang sudah menua.



Foto/Dimas Andhika Fikri





Foto/Dimas Andhika Fikri

Di mana rata-rata umur tanaman kakao di Pinrang telah mencapai usia 30 tahun. Alhasil produktivitasnya sudah tidak maksimal dan cenderung menurun. "Di sini ada 8 nursery untuk menyuplai sejumlah kelompok tani di Pinrang. Satu nursery bisa menyuplai 25 ribu bibit," jelas Rudi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More