5 Alternatif Lain Mengatasi Demam pada Anak Tanpa Paracetamol

Kamis, 20 Oktober 2022 - 09:36 WIB
2. Beristirahat dengan cukup

Ketika badan mengalami penurunan daya tahan tubuh ketika sedang mengalami demam, sebaiknya disarankan untuk beristirahat dengan baik sampai demamnya reda. Hal ini juga bisa dilakukan pada anak untuk beristirahat dengan baik agar demamnya menurun. Bisanya cara ampuh agar si anak betah beristirahat adalah dengan membacakan cerita di kasur.

3. Kompres air hangat

Memberikan kompres air hangat ketika anak sedang demam merupakan alternatif yang cukup efektif untuk menurunkan panas. Cobalah kompres bagian ketiak, dahi dan selangkangan anak selama 10 sampai 15 menit melalui pori-pori tubuh. Biasanya cara ini adalah tindakan pertolongan pertama ketika anak demam.

4. Minum air jahe

Jahe memiliki kandungan senyawa antibakteri yang dianggap efektif dalam mengatasi demam. Hal ini bisa dilakukan sendiri dirumah dengan memotong ataupun merebus sendiri dengan untuk dijadikan teh jahe. Namun sayangnya, tidak semua anak-anak menyukai jahe dan mengkonsumsi jahe secara berlebihan juga bisa menyebabkan nyeri di ulu hati.

5. Konsultasikan dengan dokter

Alternatif terakhir yang bisa dilakukan untuk mengobati demam pada anak adalah dengan membawanya ke dokter untuk dikonsultasikan mengenai penyakit serta obat-obat yang aman untuk di konsumsinya. Stanford Children's Health menyarankan untuk dibawa ke dokter bila demam sudah lebih dari tiga hari.

Ke lima hal diatas bisa dijadikan alternatif untuk para orang tua dalam mengatasi demam dan menurunkan panas pada anak tanpa harus menggunakan atau mengkonsumsi paracetamol.

MG / Khansa Novriandra
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More