10 Film Hollywood Bertema Agama Paling Kontroversi, Nomor 3 Menghina Islam

Selasa, 01 November 2022 - 05:00 WIB
Film Hollywood bertema agama banyak yang menyebabkan kontroversi. Pasalnya, film ini dinilai telah menghina suatu agama, termasuk Islam salah satunya. Foto/Variety
JAKARTA - Film Hollywood bertema agama banyak yang menyebabkan kontroversi. Pasalnya, film ini dinilai telah menghina suatu agama, termasuk Islam salah satunya.

Dalam hal membuat film dengan tema agama, Hollywood telah membuat banyak judul selama bertahun-tahun. Ini adalah subjek sensitif yang harus ditangani dengan hati-hati.

Sementara itu, kontroversi sendiri disebabkan karena topik atau jalan cerita film bertema agama tersebut yang dinilai tidak tepat. Akibatnya, film Hollywood ini diprotes sejumlah kalangan agama.

Muatan sensitif tersebut juga membuat film ini harus dicekal agar tidak tayang. Berikut daftar film Hollywood bertema agama paling kontroversi seperti dilansir dari Variety, Selasa (1/11/2022).

1. Noah (2014)





Foto/Variety

Film ini telah menimbulkan kontroversi di antara orang-orang Kristen karena penyimpangannya dari cerita Old Testament menyebabkan distributor film itu sendiri buka suara.

2. Innocence of Muslims (2012)



Foto/Variety

Film ini tidak pernah diputar di bioskop, tetapi dua trailer YouTube berdurasi 14 menit sudah cukup untuk memicu kerusuhan, kekerasan, dan tuntutan hukum internasional. Banyak Muslim tersinggung dengan penggambaran video Nabi Muhammad sebagai seorang pembunuh, seorang pedofil dan seorang wanita.

Protes kekerasan, termasuk pembunuhan empat orang Amerika di Benghazi, akhirnya menyebabkan ratusan luka-luka dan lebih dari 50 kematian. Seorang menteri Pakistan bahkan menawarkan hadiah bagi siapa saja yang membunuh penulis-produser film ini, Nakoula Basseley Nakoula. Pengadilan memutuskan pada akhir Februari bahwa Google menghapus trailer sepenuhnya dari YouTube.

3. Submission (2004)



Foto/Variety

Meski hanya berdurasi 10 menit, kolaborasi sutradara Belanda Theo Van Gogh dan penulis Muslim Ayaan Hirsi Ali membuat nyawa melayang. Van Gogh dibunuh oleh seorang fundamentalis Muslim Belanda-Maroko pada 2 November 2004 memaksa Hirsi Ali bersembunyi.

Pemboman masjid dan gereja Muslim kemudian diikuti. Film, yang mengkritik pelecehan terhadap perempuan di bawah hukum Islam, menggambarkan seorang artis telanjang yang dihiasi dengan ayat-ayat Al Quran.

4. The Passion of the Christ (2004)



Foto/Variety

Sesuai dengan judulnya, The Passion of the Christ mencatat detik-detik terakhir kehidupan dan kematian Yesus Kristus dari Nazaret. Hal tersebut menggambarkan penderitaan dan rasa sakitnya selama penyaliban-Nya di Yerusalem. Sutradara dan aktor Katolik Mel Gibson adalah dalang di balik film ini.

Oleh beberapa orang, film ini terlalu gamblang dan kejam, karena menunjukkan cambuk, paku di kayu salib, dan mahkota duri yang menusuk. Gambar-gambar yang intens dan berdarah ini menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penonton.

5. Water (2005)

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More