7 Manfaat Jeruk Bali yang Sayang Dilewatkan, Bisa Sehatkan Jantung

Kamis, 29 Desember 2022 - 19:25 WIB
Antioksidan utama dalam jeruk bali adalah naringenin dan naringin. Keduanya banyak ditemukan dalam buah jeruk. Selain itu, jeruk bali mengandung lycopene, antioksidan anti-inflamasi yang juga terdapat pada tomat.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jeruk bali bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida, dua lemak darah yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Satu studi 21 hari pada tikus menemukan bahwa melengkapi dengan ekstrak jeruk bali pekat mengurangi kadar trigliserida 21 persen.

Selain itu, kolesterol total turun hingga 6 persen dan kolesterol jahat hingga 41 persen. Studi lain mencatat bahwa jeruk bali dapat mengurangi lemak darah ini dengan mencegah kolesterol dalam makanan terserap sepenuhnya ke dalam tubuh.

6. Anti Penuaan

Jeruk bali memiliki sifat anti penuaan karena kandungan antioksidannya dan kemampuan untuk mengurangi pembentukan AGEs (produk akhir glikasi lanjut). AGEs disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi.

Selain itu, minyak atsiri dari kulit jeruk bali kaya antioksidan dan dapat menurunkan produksi melanin pada kulit sehingga berpotensi membantu mencegah perubahan warna dan bintik matahari.





7. Melawan Sel Kanker
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More