5 Miskonsepsi Clear Aligners dalam Perawatan Gigi, Nomor 4 Banyak Dikeluhkan Orang

Selasa, 24 Januari 2023 - 15:38 WIB
loading...
A A A


Clear aligner dapat bekerja lebih efektif daripada kawat gigi karena diproduksi secara khusus menyesuaikan kondisi gigi dan rencana perawatan setiap pasien.

Setiap pasien akan mendapatkan beberapa pasang clear aligners sesuai kebutuhan untuk merapikan giginya. Satu pasang clear aligner digunakan setiap hari selama satu minggu. Setiap minggunya, pasien akan berganti ke tahap clear aligner berikutnya hingga perawatan selesai. Perawatan clear aligners OneSmile hanya memakan waktu kurang lebih 2-6 bulan.

“Clear Aligner merupakan teknologi ortodonti terbaru yang memungkinkan perawatan untuk merapikan gigi berlangsung lebih cepat. Clear aligners akan dicetak secara khusus sesuai kondisi gigi setiap pasien untuk memastikan perawatan berjalan efektif dan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan.” (drg. Ivan Liwu, Dokter Gigi OneSmile).

Perawatan dengan clear aligner OneSmile lebih efektif dan nyaman daripada kawat gigi karena terbuat dari highest biocompatible medical polyurethane. Selain itu, clear aligner tidak menyebabkan iritasi dan peradangan pada gusi seperti yang terjadi pada pemakaian kawat gigi. Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan kawat gigi ini sering menyebabkan banyak pasien tidak melanjutkan perawatan hingga selesai.

2. Aligner Kurang Efektif Untuk Orang Berusia 30 Tahun ke Atas

Tidak ada batasan usia untuk perawatan clear aligners OneSmile. Beberapa pasien dewasa, usia 40 sampai 60-an, berhasil menyelesaikan perawatan dengan clear aligners OneSmile. Clear aligners OneSmile tetap efektif untuk merawat gigi pasien dewasa. Perbedaannya dengan pasien usia muda hanya terletak pada durasi perawatan.

Proses perawatan clear aligners OneSmile mungkin memakan waktu lebih lama pada orang dewasa daripada pada anak-anak atau remaja, dikarenakan kecepatan biologis pergerakan gigi pasien usia muda lebih cepat dibanding pasien usia dewasa karena masih dalam tahap tumbuh kembang.

Pada pasien dewasa, evaluasi jaringan gusi dan tulang rahang pasien sangat diperhatikan oleh ortodontis karena kondisi gusi dan tulang pasien dewasa biasanya tidak sebaik pasien yang lebih muda.

Namun demikian, ini tidak menghalangi pasien dewasa atau usia lanjut untuk menggunakan clear aligners. Walaupun penggunaannya akan memakan durasi yang lebih lama, para pasien dewasa tetap dapat menggunakan clear aligners yang efektif dan nyaman. Dengan penjelasan ini, terbukti clear aligners OneSmile dapat memperbaiki masalah gigi pada semua orang dengan berbagai usia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)