10 Komunitas Unik yang Ada di Indonesia, Nomor 4 Wadah Kumpul Orang Bernama Agus

Senin, 13 Maret 2023 - 23:55 WIB
loading...
A A A
Komunitas Ukuiki mempunyai beragam kegiatan, mulai dari konser amal hingga sekadar kumpul dengan pecinta ukulele. Bagi yang mau bergabung dengan komunitas ini, dapat menghubungi Instagram @ukuiki.

9. Indie Yo


Indie Yo merupakan komunitas penggemar permainan yoyo. Komunitas ini dibentuk pada Februari 2008. Awal terbentuknya komunitas ini bermula dari kumpul-kumpul penggemar yoyo di Bandung yang mempunyai hobi serta tujuan untuk mengembangkan permainan yoyo.

Tidak sekadar bermain, komunitas ini berperan dalam memberikan edukasi kepada orang awam guna belajar berbagai macam teknik yoyo. Selain kumpul dan latihan, anggota komunitas Indie Yo melakukan sharing atau diskusi dan berbagi pengalaman di antara sesama anggota. Anggota komunitas Indie Yo pernah mengikuti lomba yoyo tingkat nasional hingga internasional.

10. Hong


Komunitas Hong menjadi tempat surganya permainan tradisional di Kota Bandung. Di sini terdapat 240 jenis permainan tradisional. Komunis Hong didirikan oleh Mohammad Zaini Alif pada 2005. Hong mempunyai arti bertemu. Ucapan Hong sendiri merupakan ungkapan dalam permainan petak umpet dalam tradisi masyarakat Sunda.

Pendirian komunitas ini berawal dari kesadaran tentang makin tergerusnya permainan tradisional. Dari hal tersebut, muncul ide untuk menginventarisir hingga melestarikan berbagai permainan tradisional. Mengumpulkan permainan tradisional ternyata bukan hal yang mudah. Pendiri komunitas ini pun melakukan riset untuk dapat mengumpulkan aneka permainan tradisional.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)