Bolehkah Tidur Siang di Atas Jam 3 Sore? Ini Penjelasan Dokter

Selasa, 11 April 2023 - 13:40 WIB
loading...
Bolehkah Tidur Siang di Atas Jam 3 Sore? Ini Penjelasan Dokter
dr Nadia menjelaskan bahwa sejatinya tidur siang itu punya dampak positif bagi tubuh, pun dampak negatif yang perlu dipertimbangkan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sangat wajar bagi yang sedang berpuasa Ramadan melakukan tidur siang . Beberapa orang menganggap aktivitas istirahat itu dapat mengembalikan energi setelah terbangun.

Tapi, ada anggapan di masyarakat bahwa tidur siang di atas jam 3 sore sangat tidak dianjurkan. Beberapa meyakini tidur siang terbaik di pukul 1 atau 2 siang. Memangnya kenapa tidur siang di atas jam 3 sore?

Dokter Nadia Alaydrus punya jawaban kenapa kita tak boleh tidur siang di atas jam 3 sore dilihat dari pendekatan medis. Apa alasannya?

Sebelum membahas itu, dr Nadia menjelaskan bahwa sejatinya tidur siang itu punya dampak positif bagi tubuh, pun dampak negatif yang perlu diperhitungkan.



Menurutnya, dampak positif dari tidur siang antara lain, tubuh bisa lebih rileks, mengurangi kelelahan, fokus lebih meningkat, mood lebih baik, dan meningkatkan kinerja seseorang, termasuk waktu reaksi yang lebih cepat dan memori yang lebih baik.

Tapi, ada juga dampak negatif dari tidur siang menurut dr Nadia Alaydrus yaitu mengalami inersia tidur atau sleep inersia yang mana ini membuat seseorang merasa pusing dan bingung setelah bangu dari tidur siangnya.

"Pun membuat waktu tidur malam menjadi terganggu. Ya, tidur siang bisa mengganggu sseseorang yang mengalami insomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari," jelasnya dalam konten Reels Instagram, dikutip MNC Portal, Rabu (11/4/2023).

Dengan begitu, apakah boleh tidur siang? Kata dr Nadia, tentu saja boleh, tapi ada hal yang harus diperhatikan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)