5 Manfaat Mengejutkan Buah Salak bagi Tubuh, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Senin, 24 April 2023 - 23:32 WIB
loading...
5 Manfaat Mengejutkan Buah Salak bagi Tubuh, Salah Satunya Turunkan Berat Badan
Buah salak mengandung beberapa manfaat yang mengejutkan untuk tubuh. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Buah salak termasuk dalam famili Palmae atau merupakan tumbuhan Arecaceae yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Ciri fisik yang unik dengan adanya sisik pada bagian luar daging buahnya, membuat salak dijuluki ‘snake fruit’ dalam bahasa Inggris. Selain dimakan langsung, buah ini juga kerap dibuat asinan.

Meskipun memiliki kulit yang tajam, buah salak mengandung beberapa manfaat yang mengejutkan untuk tubuh. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari laman WebMD, Senin (24/4/2023).


1. Penambah Energi

Studi menunjukkan bahwa salak merangsang metabolisme dan meningkatkan stamina. Hal ini meningkatkan energi melalui karbohidrat dalam buah yang dapat mempertahankan energi sepanjang hari.

2. Menurunkan Berat Badan

Tingkat serat yang tinggi dalam buah salak, membantu Anda merasa kenyang dan mencegah untuk makan berlebihan. Serat juga membantu pencernaan dan mengurangi kram, sembelit, serta kembung.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Kadar beta-karoten, pektin, dan potasium dalam buah salak dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini membantu kognisi dan memori Anda.

Di beberapa daerah, salak dikenal sebagai buah kenangan. Di mana salak mampu menghilangkan beberapa tingkat stres oksidatif, yang membantu menurunkan risiko penyakit degeneratif otak.


4. Meredakan Sakit Maag

Secara tradisional, buah salak telah digunakan masyarakat asli Asia untuk meredakan maag. Anda dapat mengolahnya menjadi apa saja untuk obat sakit maag.

5. Bantu Cegah Diabetes

Sebuah penelitian pada hewan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Medicine menunjukkan bahwa salak yang disajikan dengan cuka memiliki kadar polifenol yang tinggi dan menurunkan kadar glukosa darah yang memperbaiki profil lipid.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)