5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Demensia, Salah Satunya Ngupil

Sabtu, 29 April 2023 - 23:55 WIB
loading...
A A A


3. Konsumsi Makanan Tidak Sehat


Menurut dokter, berbagai bagian otak terkait dengan pembelajaran, ingatan, dan kesehatan mental pada orang yang makan banyak junk food. Seperti burger, pizza, kentang goreng, keripik, hingga soda.

Diet tinggi makanan olahan, lemak tidak sehat, dan tambahan gula menyebabkan peradangan, stres oksidatif, dan faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko terkena penyakit.

4.Kurang Tidur


Sebuah studi, yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengatakan lansia yang tidur kurang dari lima jam per malam dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan demensia, dan dua kali lebih mungkin meninggal, dibandingkan dengan mereka yang tidur enam hingga delapan jam per malam.

Menurut dokter, salah satu alasannya berkaitan dengan pengendapan protein Alzheimer, beta-amyloid yang mengelompokkan dan menggumpal bersama untuk membentuk plak Alzheimer.



5. Mendengarkan Musik dengan Headphone


Jika Anda mendengarkan musik dengan volume penuh menggunakan earphone atau headphone selama lebih dari 30 menit sehari, kemungkinan besar Anda menderita demensia atau penurunan fungsi otak lainnya.

Juga, menurut dokter, itu terjadi karena otak harus bekerja keras untuk memahami apa yang dikatakan di sekitar Anda yang tidak dapat disimpan dalam ingatan. Disarankan oleh ahli kesehatan untuk mengecilkan volume, yang tidak boleh lebih dari 60 persen dari volume maksimum perangkat Anda.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)