Metallica Tidak Berencana Pensiun dalam Waktu Dekat

Kamis, 01 September 2016 - 03:30 WIB
Metallica Tidak Berencana Pensiun dalam Waktu Dekat
Metallica Tidak Berencana Pensiun dalam Waktu Dekat
A A A
LOS ANGELES - Usia bukanlah penghalang bagi seseorang untuk tetap berkarya. Ini pulalah yang tampaknya masih dipegang oleh para punggawa band thrash metal, Metallica.

Meski usia para personelnya sudah tak lagi muda, rata-rata sudah menginjak 50 tahun, tapi, semangat mereka untuk terus membuat karya baru dan tampil di atas panggung tak pernah padam. Tak pernah terbersit di benak mereka untuk pensiun dalam waktu dekat.

“Satu-satunya yang tidak diketahui adalah elemen fisik. Kalau lengan, kaki, lutut, pundak, tenggorokan dan semuanya, punggung, leher, kalau semuanya masih menyatu, tidak ada alasan kami tidak bisa melakukan ini untuk waktu yang lebih lama lagi,” papar drummer Metallica, Lars Ulrich, kepada The Pulse of Radio.

Memang, masih banyak band yang rata-rata usia personelnya sudah senja, tapi tetap tampil energik layaknya anak muda. Salah satunya adalah The Rolling Stones. Hingga saat ini, penampilan band legendaris asal Inggris ini tetap menjadi salah satu yang menghibur meskipun para personelnya sudah ada yang jadi kakek-kakek.

“Saya suka The Rolling Stones lebih dari orang lain di planet ini. Jelasnya, apa yang kami lakukan lebih menuntut secara fisik terkait energi yang masuk. Kalau kalian tidak bisa memainkannya pada tuntutan fisik yang layak didapatkan, maka lebih baik tidak memainkanya ketimbang memainkannya setengah hati. Itulah satu-satunya yang tidak diketahui. Saya kira secara mental kami bisa melakukan ini untuk 100 tahun lagi,” tutur Lars.

Lantas apa yang membuat mereka bersemangat menjadi musisi selama kurang lebih 35 tahun di Metallica? Nah, vokalis band ini, James Hetfield, punya jawabannya.

“Bagi saya, menulis musik itu seperti bernapas dan bisa menciptakan hal-hal di sebuah band yang punya keluarga besar di sana dan di seluruh dunia, dan bisa memasukkan kebingungan, pertanyaan dan kewarasan saya ke musik dan mengeluarkannya kepada seluruh dunia sehingga orang bisa menghubungkannya. Tidak ada yang lebih baik lagi,” ujar James.

Album baru Metallica, Hardwired… To Self-Destruct, akan dirilis pada 18 November mendatang. Ini adalah album studio pertama mereka sejak 2008.

Sebelum album itu keluar, mereka telah terlebih dahulu merilis single anyar mereka, Hardwired. Oleh mantan basis mereka, Jason Newsted, single ini dipuji.

“Saya tidak percaya betapa hebatnya lagu itu. Saya mendengarnya beberapa kali. Seseorang memutarnya untuk saya di mobil dan saya membawanya pulang dan mendengarkannya. Saya suka sifatnya. Saya suka giginya, Bung. Lagu ini hebat,” kata Jason, yang dikutip Blabbermouth.

Jason juga mengonfirmasi kalau dirinya masih menjaga kontak dengan personel Metallica. “Saya menelepon Lars. Saya sering bicara dengannya. Ketika mereka akan mengeluarkan album, banyak yang terjadi atau apapun kalian mau menyebutnya, jadi, kami selalu berkontak-kontakan. Dan, sekarang, kami benar-benar melakukan voice-to-voice, menyenangkan dan saya harap bisa melakukan person-to-person dalam waktu dekat. Tapi, mereka sekarang sibuk dengan album baru. Saya bahagia untuk mereka. Saya bangga pada mereka,” beber Jason.

Jason meninggalkan Metallica pada 2001 atas alasan pribadi. Tapi, dia masuk ke Rock and Roll Hall of Fame bersama Lars, James dan gitaris Kirk Hammett serta orang yang menggantikannya, Robert Trujillo, pada 2009.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6439 seconds (0.1#10.140)