5 Gejala Asam Urat pada Kaki, Salah Satunya Bengkak di Ibu Jari

Rabu, 19 Juli 2023 - 11:49 WIB
loading...
A A A
Saat Anda mengalami asam urat, kaki akan bengkak. Di mana lama-kelamaan kaki juga akan terlihat kemerahan akibat nyeri dan bengkak yang dirasakan.



3. Kulit Mengelupas


Kadar asam urat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pembengkakan yang berdampak kerusakan jaringan kulit, khususnya di sekitar area yang terasa sakit. Selain itu, kulit juga menjadi kering dan terasa gatal. Tidak jarang, kulit menjadi iritasi bahkan terjadi pendarahan.

4. Nyeri di Pergelangan Kaki dan Lutut


Selain ibu jari, pembengkakan dan rasa nyeri akibat asam urat dapat terjadi di sekitar pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku. Perlu diketahui bahwa asam urat dapat menyerang pada sekitar sendi.

Nyeri sendi karena asam urat umumnya terjadi di sekitar lutut. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menyebar di persendian lainnya. Gejala nyeri bisa hampir serupa dengan rheumatoid arthritis (RA).



5. Sakit saat Malam Hari


Terdapat beragam faktor yang membuat kaki Anda sakit. Pertama, yakni perubahan suhu yang lebih rendah pada malam hari, sehingga mendorong asam urat untuk membentuk kristal yang menimbulkan rasa sakit.

Faktor kedua yakni karbon dioksida yang tidak dikeluarkan secara ekstra selama tidur dapat meningkatkan keasaman darah. Alhasil memicu produksi asam urat.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3287 seconds (0.1#10.140)