5 Penyebab Pergelangan Kaki Nyeri Tiba-tiba, Salah Satunya Rematik

Rabu, 13 September 2023 - 16:13 WIB
loading...
A A A

3. Lupus


Lupus adalah penyakit autoimun kronis yang dapat menyerang pergelangan kaki. Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang dirinya sendiri karena salah mengira jaringan sehat sebagai virus atau bakteri. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada persendian seperti pergelangan kaki, serta gejala lainnya.

Jika seseorang menderita Lupus di pergelangan kaki, mereka akan mengalami beberapa gejala seperti nyeri atau nyeri tekan,pembengkakan, kekakuan, kelelahan yang ekstrim, ruam kulit, demam, sensitivitas matahari, jari tangan atau kaki mati rasa atau berubah warna.

4. Kaki Rata


Disfungsi tendon tibialis posterior (PTTD), juga dikenal sebagai kaki rata, terjadi ketika tendon yang menopang lengkungan utama kaki melemah. Hal ini menyebabkan lengkungan kaki seseorang perlahan-lahan menjadi rata.

PTTD dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan kaki dan sering kali disebabkan oleh penggunaan tendon tibialis posterior yang berlebihan. Gejalanya meliputi nyeri dan bengkak di bagian dalam kaki dan pergelangan kaki, pergelangan kaki berputar ke dalam (overpronasi), perataan lengkungan kaki, radang sendi pada kaki dan pergelangan kaki.



5. Rematik


Rheumatoid arthritis atau rematik adalah penyakit peradangan autoimun yang memengaruhi lapisan sendi. Rematik biasanya menyerang kedua pergelangan kaki secara bersamaan dan dapat menyebabkan nyeri. Seseorang dengan rematik di pergelangan kaki akan mengalami gejala yang berlangsung selama beberapa hari atau bulan, diikuti dengan periode remisi.

Gejala rematik di pergelangan kaki bisa meliputi nyeri, kekakuan, nyeri tekan dan bengkak, seringkali pada lebih dari satu sendi, gejala yang sama pada kedua sisi tubuh, misalnya kedua pergelangan kaki, demam, kelelahan, penurunan berat badan dan kelemahan.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)