Jaga Bumi, Accor Hotels Gencarkan Program Planet 21

Jum'at, 28 April 2017 - 13:02 WIB
Jaga Bumi, Accor Hotels Gencarkan Program Planet 21
Jaga Bumi, Accor Hotels Gencarkan Program Planet 21
A A A
JAKARTA - Accor Hotels, yang hadir di 1.700 kota di seluruh dunia, berkomitmen untuk mengembangkan pertanian perkotaan dan menanam 1.000 kebun sayur sampai 2020. Meskipun baru beberapa bulan sejak komitmen ini diumumkan, sudah lebih dari 500 kebun sayur berhasil ditanami di seluruh dunia. Lebih dari 140 hotel yang telah menanam kebun sayur urban di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia.

Salah satu contoh di Fairmont Jakarta. Tim kuliner hotel menanam beberapa jenis tanaman bumbu seperti mint, rosemary, lavender, dan thyme. Tanaman-tanaman ini dirawat dan dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari sebagai bumbu masakan daging panggang sampai campuran minuman cocktail di bar hotel.

Mercure Bali Sanur Resort juga menanam buah dan sayur, seperti tomat, terong, jamur, serta tanaman bumbu lokal, seperti bawang, jahe dan sebagainya. Berbagai tanaman tersebut digunakan sebagai tambahan bahan untuk dimasak di dapur hotel dan media edukasi tentang proteksi lingkungan bagi para tamu.

Pengurangan Limbah Makanan
Sebanyak 38 hotel di 13 negara sudah menggunakan solusi terkoneksi untuk memerangi limbah makanan di dapur dan restoran mereka. Inisiatif ini berhasil mengurangi hampir 60% limbah makanan di hotel-hotel percontohan. Total estimasi penghematan lebih dari Rp7 miliar.

Sejak 2016, Accor Hotels di wilayah Jakarta dan Tangerang mengukuhkan kolaborasi dengan Yayasan Emmanuel mendukung program “Food Rescue”, di mana bahan makanan yang tidak terpakai rutin diambil setiap hari dari hotel untuk kemudian diolah secara higenis, dan didistribusikan bagi masyarakat yang kurang mampu di Jakarta dan sekitarnya.

Pada akhir 2016 sebanyak 11 hotel secara aktif berpartisipasi dan menghasilkan 6.206 kg makanan yang mendukung 31.627 keluarga dari 16 kampung di Jakarta dan sekitar.

Upaya Menciptakan Bangunan Netral Karbon
Salah satu dari prioritas utama Planet 21 adalah bangunan netral karbon dan ramah lingkungan. Pada 2016, Accor Hotels telah mengurangi konsumsi energi sebesar 2,4% dan emisi CO2 sebesar 3%.

Hasil ini sangat membanggakan karena dapat dicapai meski cuaca dunia tidak mendukung dibandingkan 2015. Hal ini karena permintaan penghangat dan penyejuk ruangan bertambah lebih dari 4%.

“Green Stars” atau “Bintang Hijau”: Tamu Memilih Hotel “Terhijau”
Tahun ini, di hari Planet 21 yang merupakan aksi Hari Bumi tahunan dari Accor Hotels, ada aksi luar biasa seputar tema makanan dan minuman. Hotel-hotel diajak untuk menyoroti pencapaian terbaik mereka dalam 3 kategori yakni perang terhadap limbah makanan, pembuatan kebun sayur urban, dan penawaran makanan dan minuman lokal serta menyehatkan.

Jaga Bumi, Accor Hotels Gencarkan Program Planet 21


Para pemenang akan diseleksi lewat pemungutan suara di jaringan sosial. Untuk pertama kalinya, para tamu dan pengguna internet dapat memilih hotel “terhijau”.

Setahun yang lalu, Accor Hotels memperkenalkan komitmen tanggung jawab sosial yang baru dan penuh ambisi untuk 2020. Planet 21 sebagai program pengembangan berkelanjutan Accor Hotels berfokus pada empat area tindakan yaitu karyawan, tamu, rekan, dan komunitas lokal. Selanjutnya dua topik prioritas yaitu makanan dan gedung ramah lingkungan

Accor Hotels area Jakarta-Tangerang Peduli Anak-anak Difabel
Berfokus pada komunitas lokal, tahun ini Accor Hotels wilayah Jakarta dan Tangerang mengadakan aksi “Acting Here” dengan melibatkan 60 anak-anak difabel dari Sekolah Luar Biasa Negeri (SBLN) 01 Lebak Bulus, Jakarta. Program ini bertujuan memberikan dukungan dan motivasi kepada anak-anak difabel bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya di industri perhotelan lewat kelas motivasi dari penyandang difabel yang telah sukses. Juga praktik melipat handuk dekorasi, kelas masak, dan pengaturan meja makan.

Jaga Bumi, Accor Hotels Gencarkan Program Planet 21


“Accor Hotels merangkul dan ingin berbagi kepada semua lapisan masyarakat, termasuk kepada anak-anak difabel. Ilmu yang dibagikan serta kehadiran tim Accor Hotels diharapkan dapat memberikan motivasi dan mendukung pengembangan minat untuk berkarier di dunia perhotelan,” kata Director of Operations, Midscale & Economy hotels, Accor Hotels, Endrian Hananto.

Yayasan Emmanuel, partner hotel dalam program “Food Rescue” juga hadir memberikan paparan tentang hasil positif bagi komunitas yang telah dikumpulkan oleh Accor Hotels selama 2016. Info lanjut mengenai komitmen Accor Hotels dapat diketahui dengan mengunjungi http://www.accorhotels.group/en/commitment.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6261 seconds (0.1#10.140)