6 Manfaat Minum Air Lemon Campur Kunyit dan Aturan Konsumsinya

Selasa, 19 September 2023 - 21:43 WIB
loading...
6 Manfaat Minum Air Lemon Campur Kunyit dan Aturan Konsumsinya
Manfaat minum air lemon campur kunyit untuk kesehatan sangat beragam. Minuman ini sudah sejak lama digunakan meningkatkan kekebalan tubuh di musim hujan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Manfaat minum air lemon campur kunyit untuk kesehatan sangat beragam. Minuman ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan alami, khususnya meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan minuman sehat di musim hujan.

Ahli Gizi di Cloudnine Group of Hospitals, Faridabad, Manpreet Kaur Paul mengatakan bahwa air lemon dan kunyit merupakan minuman kesehatan alami karena manfaat yang ditawarkannya.

Baik lemon maupun kunyit mengandung senyawa bioaktif yang menawarkan berbagai manfaat bagi tubuh. Jika digabungkan, keduanya dapat menghasilkan minuman yang menyegarkan dan menyehatkan.

Manfaat Minum Air Lemon Campur Kunyit dan Aturan Konsumsinya



Berikut beberapa manfaat minum air lemon campur kunyit dilansir dari The Health Shots, Selasa (19/9/2023).



1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Lemon dan kunyit dikenal karena khasiatnya yang meningkatkan kekebalan tubuh. Lemon mengandung vitamin C yang penting jika Anda menginginkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa dengan efek antioksidan dan antiinflamasi kuat yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Anti-inflamasi


Peradangan bisa menjadi respons alami tubuh untuk melindungi diri dari cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung dan radang sendi.

Lemon dan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit kronis.

3. Membantu Pencernaan


Air lemon dan kunyit dapat mendukung kesehatan pencernaan. Ini karena kandungan asam sitratnya dapat merangsang produksi enzim pencernaan sehingga membantu pemecahan makanan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Kunyit telah digunakan secara tradisional untuk menenangkan sistem pencernaan dan meredakan kembung dan gas. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko kondisi seperti gangguan pencernaan dan sindrom iritasi usus besar (IBS)

6 Manfaat Minum Air Lemon Campur Kunyit dan Aturan Konsumsinya

Foto/Infografis SINDOnews



4. Detoksifikasi


Air lemon dan kunyit dapat berperan sebagai detoksifikasi alami bagi tubuh. Kehadiran asam sitrat dalam lemon merangsang fungsi hati dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kunyit membantu detoksifikasi dengan mendukung kemampuan hati untuk memproses dan menghilangkan racun. Konsumsi air lemon dan kunyit secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan hati dan meningkatkan detoksifikasi secara keseluruhan.

5. Cegah Penyakit saat Hujan


Air lemon dan kunyit berpotensi membantu mencegah penyakit selama musim hujan. Ini karena sifat meningkatkan kekebalan dan anti-inflamasi. Musim hujan sering kali membawa peningkatan risiko kontaminasi air dan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Air lemon dan kunyit dapat berperan sebagai detoksifikasi alami, mendukung proses detoksifikasi tubuh dan membantu menghilangkan racun.

6. Melawan Virus


Air ini juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri, jamur, dan virus. Meminum air lemon dan kunyit akan memberikan perlindungan tambahan terhadap infeksi dan penyakit umum selama musim hujan.

Waktu terbaik untuk minum air lemon dan kunyit dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan tujuan kesehatan individu. Anda bisa meminum air lemon dan kunyit saat perut kosong untuk membantu rehidrasi tubuh. Mengonsumsinya di pagi hari diyakini memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dengan lebih efektif.

Pilihan lainnya adalah minum 30 menit sebelum makan. Melakukannya dapat merangsang pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi dan mendukung metabolisme yang sehat.

Namun mengonsumsi air lemon kunyit terlalu dekat dengan waktu tidur tidak baik bagi sebagian orang. Ini dapat memberikan efek stimulasi ringan dan mengganggu pola tidur orang-orang yang sensitif terhadap makanan asam.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)