Awas! Bahaya Menggunakan Make Up yang Berlebihan pada Mata

Jum'at, 14 Juli 2017 - 16:20 WIB
Awas! Bahaya Menggunakan Make Up yang Berlebihan pada Mata
Awas! Bahaya Menggunakan Make Up yang Berlebihan pada Mata
A A A
JAKARTA - Tahukah Anda bahwa terlalu banyak menggunakan make up pada mata dapat memberikan efek berbahaya? Disfungsi kelenjar meibomian atau Meibomian Gland Dysfunction (MGD) atau yang juga dikenal dengan dry eye syndrome yang semakin meningkat di kalangan wanita ternyata merupakan akibat dari kelebihan penggunaan make up pada mata. Dan parahnya, kondisi tersebut dapat menyebabkan blepharitis atau pengelihatan kabur yang ekstrem.

Sebelumnya, MGD kerap menimpa mereka yang sudah berumur matang, namun sekarang, ‘tren’ ini telah berubah dan MGD telah banyak menyerang wanita muda. “Eyeliner dan make up lainnya biasanya menyumbat kelenjar meibomian yang menyebabkan terbentuknya benjolan yang tidak menyakitkan di kelopak mata namun dapat menghalangi penglihatan,” jelas Mahipal Sachdev, Director Center for Sight, sebuah rumah sakit mata di India.

Mahipal juga mengatakan bahwa meibomian memproduksi minyak yang dapat mencegah air mata menguap dengan cepat. “Minyak kadang-kadang menebal sehingga menyebabkan benjolan jinak di kelopak mata yang dikenal dengan chalazion. MGD adalah penyebab syndrom mata kering yang paling terkenal dan terkemuka, dan dalam kasus ekstrim mereka dapat kehilangan penglihatan,” ungkapnya.

Penebalan minyak ini kemudian membatasi aliran air mata sehingga menyebabkan akumulasi dan penyumbatan serta membentuk benjolan di kelopak mata. Kelenjar minyak yang tersumbat menyebabkan kondisi kelopak mata membengkak dan merah.

“Sekitar 40 persen wanita dengan penggunaan produk make-up mata yang terlalu banyak cenderung terpengaruh dengan penyumbatan kelenjar minyak. Paraben dan yellow wax yang terdapat pada maskara dan eyeliner untuk membuat mereka tahan air adalah bahan kimia yang sama yang juga menyumbat kelenjar minyak yang dapat memicu terjadinya MGD, chalazion, sindrom mata kering dan blepharitis,” jelas Parul Sony, konsultan senior dan direktur dari Gurgram's Complete Eye Care.

Dilansir Boldsky, tak hanya itu, sebuah studi oleh Universitas Waterloo di Kanada pun mengatakan bahwa orang-orang yang menggunakan eyeliner pada kelopak mata bagian dalam memiliki resiko memliki mata yang terkontaminasi dan menyebabkan masalah penglihatan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk meminimalisir penggunaan make up pada mata sejak dini.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2236 seconds (0.1#10.140)