12 Jenis Ras Kucing Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Miliaran Rupiah

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Peterbald pertama kali tercatat pada tahun 1988 ketika terdapat berita tentang kucing dengan bulu yang tidak biasa di Rusia. Peterbald juga biasa diekspor ke negara-negara lain di Eropa. Kucing ini merupakan hewan peliharaan yang menyenangkan dan dikenal dengan tubuh berototnya.

Peterbald pertama diperoleh dari perkawinan antara Donskoy Rusia dan Shorthair Oriental. Mirip dengan kucing Donskoy, Peterbald memiliki gen dominan yang membuatnya tidak berbulu. Kucing ini adalah kucing yang cerdas dan penyayang, dan akan beristirahat dengan tenang di pangkuan Anda. Namun, kulitnya sangat sensitif sehingga anak-anak perlu menanganinya dengan hati-hati. Selain itu, ras ini rentan terhadap sengatan matahari sehingga tidak dapat menghabiskan waktu yang lama di luar ruangan.

4. Persia (Rp86 Juta)

Beberapa literatur yang menyebutkan bahwa kucing Persia berasal dari abad ke-19 di Persia (Iran). Namun, bukti sejarah menunjukkan bahwa ras ini telah ada sejak ratusan tahun sebelum masehi.

Persia terkenal dengan wajahnya yang lucu dan bulu panjangnya yang mewah. Selain itu, mereka memiliki kepribadian yang lembut dan manis dan dapat dengan mudah beradaptasi dengan rumah tangga yang berisik. Kucing Persia pada dasarnya suka bermain dan mata mereka yang ekspresif membuat mereka terlihat lucu dan menyenangkan. Tetapi, harus berhati-hati dan teliti dalam merawatnya karena bulunya yang panjang rentan terhadap bulu-bulu yang rontok dan kusut.

Kucing Persia dikenal sebagai kucing yang memiliki wajah lembut dan bulu yang halus. Persia senang menunjukkan kasih sayang dan berpelukan, tetapi tidak terlalu bersemangat. Dengan bulu yang lebat maka dibutuhkan perawatan dan penyikatan setiap hari. Ras ini mempunyaiberbagai variasi dan warna dan juga beratnya sebanding dengan American Shorthair biasa.

3. Bengal (Rp392 Juta)

Kucing Bengal memiliki penampilan yang liar dan eksotis, namun merupakan hewan peliharaan yang ideal. Ras ini terkenal dengan bulu berbintik-bintik dan tubuh yang berotot. Kucing Bengal adalah kucing peliharaan tetapi asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke 1970an ketika kucing macan tutul Asia liar dikawinkan dengan kucing domestik.

Kucing ini merupakan hewan peliharaan yang menyenangkan karena aktif dan cerdas. Dari segi kepribadian, kucing Persia adalah kucing yang penyayang, ramah terhadap anak dan anjing, dan sangat sosial. Selain itu, mereka juga energik dan sangat suka bermain

Namun, jenis ini bisa menjadi tantangan untuk dipelihara di rumah karena mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cara memuaskan rasa ingin tahunya dengan melompat ke dalam akuarium, bermain dengan saklar, bergelantungan di lampu gantung, dan melakukan kejenakaan lainnya.

Karena berasal dari alam liar, kucing Bengal memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kucing peliharaan pada umumnya. Seekor Bengal yang cantik dengan silsilah, generasi, dan kualitas bulu yang tepat dapat mencapai harga $25.000 atau setara Rp392 juta.
12 Jenis Ras Kucing Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Miliaran Rupiah

2. Savannah (Rp784 Juta)

Kucing ini merupakan pesilangan antara kucing hutan liar Afrika dan kucing persia domestik. Kucing Savannah pertama kali dilahirkan pada 1986 oleh peternak kucing Benggala yang bernama Judee Frank.

Ras ini menjadi populer dan diterima oleh asosiasi peternak pada pertengahan 1990an. Sama seperti anjing, kucing Savannah sangat setia.

Harga ras ini tergantung pada jenis kelamin dan klasifikasinya yang terbagi menjadi lima jenis dari F1 hingga F5. Kucing F1 memiliki sekitar 50 persen ras, sedangkan kucing F5 memiliki sekitar 11% ras. Harga seekor betina F1 dapat mencapai $50.000 atau setara Rp784 juta.


1. Ashera (Rp1,9 Miliar)

Kucing ras ini harganya bisa mencapai $125.000 atau sekitar Rp1,9 miliar. Kucing jenis ini merupakan kucing yang sangat langka ditemukan. Suatu peternakan kucing di Los Angeles hanya memproduksi 5 ekor anak kucing jenis ini setiap tahunnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)