Ini Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Tak hanya setelah Bangun Tidur

Senin, 16 Oktober 2023 - 19:33 WIB
loading...
A A A
Ini Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Tak hanya setelah Bangun Tidur

Foto/Infografis SINDOnews



4. Sore Hari


Energi yang menurun di sore hari adalah hal yang biasa, yaitu penurunan energi yang terjadi sekitar pukul 15.00. Kondisi ini memaksa banyak orang untuk minum kopi sepanjang hari, namun pilihan minuman ini dapat mengganggu tidur Anda. Bahkan meminum kafein enam jam sebelum tidur terbukti bisa mengganggu tidur dibandingkan dengan plasebo.

5. Sakit Kepala


National Headache Foundation mengatakan sakit kepala bisa menjadi gejala dehidrasi. Terlebih lagi, hal itu juga bisa memicu serangan migrain. Bagi penderita migrain, meningkatkan asupan air dapat membantu mengurangi keparahan, frekuensi, dan durasi migrain.

6. Sebelum, Selama, dan Setelah Olahraga


Hidrasi dimulai satu atau dua hari sebelum olahraga. Pastikan Anda minum air secara teratur pada hari-hari menjelang berolahraga, terutama saat Anda beraktivitas berat atau berkeringat. Sebuah penelitian pada 2019 menunjukkan bahwa dehidrasi, meskipun dalam jumlah kecil, saat olahraga dapat menurunkan performa.

Untuk olahraga ringan (jogging di luar ruangan, jalan cepat di pagi hari, atau bersepeda), minumlah secangkir air sekitar 30 menit sebelumnya, dan minumlah saat berolahraga. Kemudian pastikan untuk terhidrasi dengan baik setelah olahraga Anda selesai untuk menggantikan apa yang hilang melalui keringat.

7. Sebelum Tidur


Jangan minum satu atau dua cangkir air sebelum tidur. Ini karena Anda harus bangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi, dan itu akan mengganggu tidur. Namun, bawalah segelas air ke samping tempat tidur Anda di malam hari, untuk berjaga-jaga jika Anda haus.

Bagi banyak pasien yang menjalani pengobatan, salah satu efek samping yang umum adalah mulut kering, jadi menjaga air di dekat Anda dapat membantu.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2780 seconds (0.1#10.140)