5 Hal yang Bisa Sumbat Pori-pori Tanpa Disadari

Rabu, 16 Agustus 2017 - 13:48 WIB
5 Hal yang Bisa Sumbat Pori-pori Tanpa Disadari
5 Hal yang Bisa Sumbat Pori-pori Tanpa Disadari
A A A
JAKARTA - Pori-pori tersumbat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang. Pasalnya, kondisi ini merupakan penyebab utama munculnya jerawat. Selain malas mencuci wajah, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk tanpa disadari bisa menyebabkan pori-pori semakin tersumbat.

Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Sociolla.

1. Malas menghapus sisa make up
Menghapus sisa make up merupakan tahapan penting untuk merawat kulit. Jika sampai terlewat, sisa make up yang telah bercampur dengan minyak dan debu akan semakin menyumbat pori-pori kulit. Tak hanya itu, malas menghapus sisa make up juga dapat memperbesar ukuran pori dan mempercepat proses penuaan.

2. Sering menyentuh wajah
Sering menyentuh wajah merupakan kebiasaan buruk yang kerap dilakukan banyak orang. Padahal, banyak benda yang sudah disentuh. Mulai dari laptop, handphone, atau benda lainnya. Menyentuh wajah setelah melakukan aktivitas tersebut hanya akan menyebabkan minyak, debu, bakteri dan kotoran lainnya berpindah ke kulit. Kebiasaan ini juga dapat menyumbat pori.

3. Jarang mengeksfoliasi kulit
Selain rajin membersihkan wajah, Anda juga perlu mengeksfoliasi kulit secara rutin. Pasalnya, cleanser saja tak cukup untuk membersihkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Lakukan eksfoliasi setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu dengan menggunakan toner atau masker. Selain efektif dalam mengangkat kotoran, minyak dan debu, eksfoliasi juga bisa mencegah timbulnya jerawat dan membuat pori-pori lebih kecil.

4. Terlalu sering terpapar polusi
Terlalu sering terpapar polusi tanpa perlindungan khusus juga bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Selain itu, polusi udara juga bisa menimbulkan jerawat dan memperburuk kondisi kesehatan kulit. Namun, rutin menggunakan masker berbahan dasar activated charcoal dapat mengatasi permasalahan yang timbul akibat terpapar polusi.

Activated charcoal mengandung karbon aktif yang bisa memerangi efek jahat polusi. Selain mampu mengeluarkan toksin dari dalam kulit, beberapa produk charcoal mask juga berfungsi sebagai exfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

5. Tidak menggunakan kosmetik yang tepat
Beberapa wanita mungkin tak sadar kalau produk perawatan kulit yang mereka gunakan ternyata mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori. Karena itu, pilihlah produk kosmetik yang bebas minyak dan berlabel non-comedogenic. Hindari pula make up yang terbuat dari campuran paraffin wax dan isopropl myristate guna mengurangi risiko timbulnya jerawat.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6168 seconds (0.1#10.140)