Nutrisi yang Dibutuhkan Remaja Wanita Saat Pubertas

Senin, 04 September 2017 - 09:20 WIB
Nutrisi yang Dibutuhkan Remaja Wanita Saat Pubertas
Nutrisi yang Dibutuhkan Remaja Wanita Saat Pubertas
A A A
JAKARTA - Anak perempuan yang memasuki masa pubertas membutuhkan perhatian ekstra. Selain perhatian, seiring bertambahnya usia dan perkembangannya, mereka juga memerlukan nutrisi khusus.

Pasalnya, produksi hormon yang meningkat membuat nafsu makan meningkat dan hal ini diikuti dengan munculnya rasa takut akan berat badan yang mengalami peningkatan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan berlemak dan mengandung MSG.

Berikur asupan nutrisi yang baik untuk remaja perempuan seperti dilansir dari Boldsky.

1. Zat besi
Remaja putri yang mulai menstruasi berisiko mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Untuk mencegah kondisi tersebut, atasi dengan banyak mengonsumsi daging tanpa lemak, kacang, bayam, dan telur.

2. Protein
Protein membantu menyempurnakan pertumbuhan tulang, organ, jaringan serta bagian tubuh tubuh lainnya. Manfaat tersebut bisa didapat dari mengonsumsi ikan salmon dan telur.

3. Kalsium
Kalsium baik untuk pertumbuhan tulang remaja yang tengah mengalami pubertas. Pada masa tersebut, mereka membutuhkan 1.200 mg kalsium dalam sehari dan bisa diperoleh dari susu rendah lemak, keju dan yogurt.

4. Air
Masa pubertas merupakan masa aktif bagi para remaja, termasuk remaja wnaita. Karena itu pastikan kebutuhan cairan mereka tercukupi. Semakin aktif seseorang maka semakin besar kebutugan cairan mereka.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4808 seconds (0.1#10.140)