Saingi Spider-Man: Homecoming, It Pecahkan Rekor Box Office

Senin, 11 September 2017 - 02:30 WIB
Saingi Spider-Man: Homecoming, It Pecahkan Rekor Box Office
Saingi Spider-Man: Homecoming, It Pecahkan Rekor Box Office
A A A
JAKARTA - Film thriller berating dewasa, It, produksi New Line Cinema dan Warner Bros. menjadi penguasa box office pekan ini. Film remake yang diadaptasi dari novel laris karya Stephen King dengan judul yang sama itu memecahkan rekor box office di pekan pembukaannya dengan meraup USD117,2 juta (Rp1,5 triliun).

Pendapatan It itu membuatnya menjadi film dengan pembukaan terbesar sepanjang 2017. Angka yang diraup film teror badut itu hampir sama dengan pendapatan Spider-Man: Homecoming yang meraup USD117 juta. Hanya Beauty and the Beast dan Guardians of the Galaxy Vol 2 yang meraup pendapatan lebih banyak tahun ini.

“Ada sesuatu yang benar-benar spesial dengan ceritanya sendiri, cara film itu dibuat dan pemasarannya. Bintang-bintang sejajar dengan ini dan kita masih punya ruang untuk tumbuh di akhir pekan,” papar Jeff Goldstein, kepala distribusi Warner Bros. seperti dikutip Variety.

It mendapatkan rating segar di Rotten Tomatoes sebesar 87% dan nilai B+ dari CinemaScore. Penontonnya dilaporkan terbagi atas 51% wanita dan 49% pria. Sekitar dua pertiga audiensnya berusia lebih dari 25 tahun.

Pembukaan yang diraih It itu belum pernah terjadi sebelumnya. Film ini melengserkan rekor terbesar pada pembukaan bulan September yang dilakukan Hotel Transylvania 2 pada 2015 dengan meraup USD48,5 juta. Film ini juga menggusur pembukaan akhir pekan terbesar oleh film horor atau supernatural yang sebelumnya dipegang Paranormal Activity 3 pada 2011 dengan USD52,6 juta.

Sayang, untuk kategori film rating dewasa, It belum bisa menggeser pemegang rekor sebelumnya, yaitu Deadpool. Pada 2016, Deadpool mengubah permainan untuk film berating dewasa dengan meraup USD132,4 juta pada pembukaannya.

Selain itu, It juga meraup USD62 juta dari 46 pasar luar negeri, sehingga ini membuat It meraih USD179 juta di debut globalnya. Ini adalah kemenangan besar bagi film dengan dana “hanya” sekitar USD35 juta.

Film horor sering kali punya dana yang lebih rendah dibandingkan film yang lebih padat CGI, sehingga laba investasinya berpotensi besar. Menurut Goldstein, genre ini adalah salah satu andalan New Line Cinema dan ada potensi lebih banyak film horor di masa depan jika cerita yang tepat datang.

“Kalau kami bisa menemukan lebih banyak film di genre ini, maka kami akan sangat senang untuk membuatnya,” kata dia.

Film It disutradarai sutradara asal Argentina, Andy Muschietti, yang dikenal atas film horor Mama pada 2013. Bill Skarsgard tampil sangat mengagumkan sebagai Pennywise, si Badut yang meneror anak-anak di Derry, Maine. Film ini juga dibintangi Jeremy Ray Taylor, Sophia Lillis, Finn Wolfhard, Wyatt Oleff, Chosen Jacobs, Jack Dylan Grazer, Nicholas Hamilton, dan Jackson Robert Scott.

Di tempat kedua box office pekan ini ada Home Again yang dibintangi Reese Witherspoon dengan raihan yang sangat jauh selisihnya dengan It, yaitu USD9 juta. Tempat ketiga ditempati Hitman’s Bodyguard dengan USD4,9 juta. Kemudian disusul Annabelle: Creation dengan USD4 juta dan Wind River dengan USD3,2 juta.

Untuk bisnis film, It tidak bisa muncul di waktu yang lebih baik lagi. Sebuah sekuel sedang dalam pengembangan dengan Gary Dauberman sebagai penulis naskah dan Muschietti diperkirakan kembali sebagai sutradara.

Box office pekan ini
1. It — USD117,2 juta
2. Home Again — USD9 juta
3. The Hitman’s Bodyguard — USD4,9 juta
4. Annabelle: Creation — USD4 juta
5. Wind River — USD3.2 juta
6. Leap! — USD2.5 juta
7. Spider-Man: Homecoming — USD2 juta
8. Dunkirk — USD2 juta
9. Logan Lucky — USD1,8 juta
10. The Emoji Movie — USD1,1 juta
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3835 seconds (0.1#10.140)