6 Khasiat Tak Terduga Biji Pepaya, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung

Rabu, 08 November 2023 - 07:55 WIB
loading...
6 Khasiat Tak Terduga Biji Pepaya, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung
Biji pepaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun sayang, keberadaannya sering disepelekan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Biji pepaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun sayang, keberadaannya sering disepelekan. Biasanya buah pepaya akan disajikan tanpa bijinya yang berwarna hitam dan berbentuk bulat kecil-kecil.

Walaupun sering dibuang, namun biji pepaya memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Salah satunya yakni enzim pencernaan seperti papain dan carpain yang dapat menunjukkan sifat antibakteri dan asam lemak seperti asam oleat.

Selain itu, komponen mineral dalam biji hitam kecil ini juga tinggi magnesium, fosfor, dan kalium. Biji tersebut mengandung pula antioksidan seperti senyawa fenolik, yang membantu memerangi radikal bebas dan mengurangi peradangan.



Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat atau khasiat biji pepaya, berikut rangkuman informasi yang telah dirangkum dari laman Pinkvilla, Rabu (8/11/2023).

1. Kesehatan Pencernaan

Biji pepaya kaya akan serat. Ini membantu pencernaan dan mendorong buang air besar secara teratur. Seperti buahnya, biji pepaya juga mampu mencegah sembelit. Kandungan serat membantu mengatur sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

2. Detoksifikasi Hati

Biji pepaya mengandung senyawa bioaktif yang mendukung proses detoksifikasi hati. Mereka membantu menghilangkan racun dari tubuh, meningkatkan kesehatan hati, dan meningkatkan fungsinya secara keseluruhan.

Detoksifikasi biji pepaya terkadang bermanfaat untuk menjaga resistensi insulin tetap terkendali. Ini juga memiliki efek positif pada kesehatan kulit Anda.Perawatan rambut

Minyak biji pepaya dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut karena dapat membantu menyehatkan kulit kepala. Manfaat kesehatan dari biji pepaya untuk pertumbuhan rambut termasuk peningkatan kekuatan dan tekstur helai rambut. Pepaya juga berfungsi sebagai scrub ringan di kulit kepala dan menjauhkan kotoran ekstra.

3. Memberi Dukungan Kardiovaskular

Kandungan serat dalam biji pepaya dan profil lemaknya yang sehat serta sifat antioksidan dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dan memerangi penyakit jantung. Konsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan mendukung sistem kardiovaskular yang sehat.


4. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan, vitamin, dan mineral dari biji Pepaya membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mereka dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, bakteri jahat, virus, dan penyakit lainnya.

5. Kekuatan Antioksidan

Biji pepaya kaya akan antioksidan seperti senyawa fenolik, yang memerangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini membantu melindungi sel dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan mendukung kesejahteraan secara keseluruhan.

Studi juga mengatakan bahwa ini membantu menyelamatkan proses oksidatif dalam sistem, menunda proses penuaan tubuh.

6. Kesehatan Kulit

Menerapkan pasta biji pepaya atau minyak secara topikal dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Bijinya mengandung enzim dan antioksidan yang membantu membersihkan kulit, menghilangkan sel-sel mati, dan meningkatkan kulit yang sehat.

Pepaya adalah antikotoran yang kuat, menjadikannya pencuci wajah yang sangat baik. Manfaat minyak biji pepaya untuk kulit juga termasuk menjaganya tetap terhidrasi dan dalam cuaca yang paling kering.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2853 seconds (0.1#10.140)